Berita Terkini

UNS Bekerjasama dengan BSN

By 12 July 2019 No Comments

UNS— Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerjasama dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) tentang Pembinaan dan Pengembangan di Bidang Pendidikan Standardisasi melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman oleh Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho didampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNS, Prof Sajidan dan Kepala BSN, Prof Bambang Prasetya di Jakarta pada Rabu (10/7/2019).

Nota kerjasama ini sebagai wujud bahwa UNS terus melakukan peningkatan pendidikan dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Standardisasi dan Lembaga Penilai Kesesuaian (LPK).  

Melalui kerjasama ini diharapkan antara UNS dan BSN mampu menumbuhkan produk riset dan inovasi yang dikeluarkan oleh UNS yang tersertifikasi SNI yang pada akhirnya dapat diterima dimana saja. 

Sementara itu, Kepala BSN, Prof Bambang menghimbau supaya UNS dapat memberikan warna dalam pengembangan SNI dan membumikan hasil risetnya dengan standar.  “Karena dengan standar akan menembus dunia serta mengajak untuk menyiapkan sumber daya yang mampu membangun standar di Indonesia melalui kerjasama di bidang pendidikan,” kata Prof Bambang.

Dengan telah dilakukan nota kesepahaman ini, sudah banyak agenda kerjasama antara UNS dan BSN di dalam peningkatan pengembangan pemahaman dan penerapan standardisasi. Diantaranya diskusi dan knowledge sharing tentang Peran Standardisasi dalam Peningkatan Mutu dan Daya Saing Bangsa Melalui Sektor Pendidikan dan Bisnis, melakukan pembinaan laboratorium dalam pemenuhan standar, pembinaan pembentukan Lembaga Sertifikasi Produk (LsPRO) di UNS dan sebagainya. Humas UNS/ Dwi

Leave a Reply