UNS Masuk 5 Universitas Terbaik di Indonesia Versi THE Asia University Rankings 2024

UNS Masuk 5 Universitas Terbaik di Indonesia Versi THE Asia University Rankings 2024

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta masuk menjadi 5 universitas terbaik Indonesia versi Times Higher Education (THE) Asia University Rankings 2024. Prestasi ini membuktikan bahwa keberadaan UNS semakin diperhitungkan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Wakil Rektor Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc.,.Ph.D. mengatakan, lembaga Times Higher Education merilis 20 universitas terbaik di Indonesia versi THE Asia University Rankings 2024. “Dan UNS menempati posisi ke-5 universitas terbaik di Indonesia versi THE Asia University Rankings 2024. Bahkan posisi UNS berada di atas Universitas Diponegoro, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Airlangga,” terang Prof. Irwan, Senin (6/5/2024).

Terdapat 5 indikator performa kampus yang digunakan dalam metode pemeringkatan THE Asia University Rankings 2024. Kelima indikator tersebut di antaranya pengajaran (lingkungan belajar), lingkungan penelitian (volume, pendapatan, dan reputasi), kualitas penelitian (dampak sitasi, kekuatan riset, keunggulan riset, dan pengaruh riset), outlook internasional (staf, mahasiswa, dan penelitian), serta industri (pendapatan dan paten).

Terkait dengan pengajaran, penilaian meliputi reputasi pengajaran 10%, rasio staf dan mahasiswa 4.5%, rasio doktor dan sarjana 2%, rasio gelar doktor pada staf akademik 5.5%, dan pendapatan institusi 2.5%. Kedua lingkungan penelitian meliputi reputasi penelitian 15%, pendapatan penelitian 6,5%, dan produktivitas penelitian 6,5%. Ketiga kualitas penelitian meliputi dampak kutipan 7,5%, kekuatan riset 7,5%, keunggulan penelitian 7,5% dan pengaruh penelitian 7,5%. Keempat outlook internasional meliputi proporsi pelajar internasional 2,5%, proporsi staf internasional 2,5% dan kolaborasi internasional 2,5%. Dan kelima industri (Pendapatan dan Paten) meliputi pendapatan industri 5% dan paten 5%.

Prof. Irwan menyampaikan terima kasih kepada semua sivitas akademika UNS yang telah berkontribusi dalam pencapaian ini. “Terima kasih kepada semua sivitas akademika di UNS atas doa dan dukungannya, sehingga UNS mampu meraih peringkat ini,” ujar Prof. Irwan. HUMAS UNS

Skip to content