Berita Terkini

UNS Targetkan Emas dalam Pimnas ke-31

By 31 August 2018 No Comments
PIMNAS
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

UNS — Empat tim dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta lolos untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-31 tahun 2018 yang berlangsung di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) selama enam hari mulai Selasa hingga Minggu (28/8-2/9/2018). Dalam Pimnas ke-31 tersebut, UNS mentargetkan keempat tim bisa membawa pulang emas.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Drs. Rohman Agus Pratomo mengatakan, Pimnas merupakan tolak ukur dari prestasi penalaran dan kreativitas mahasiswa di Indonesia. Pimnas ke-31 tahun 2018 ini melombakan tujuh bidang, yaitu bidang penelitian eksakta, penelitian sosial humaniora, kewirausahaan, pengabdian kepada masyarakat, penerapan teknologi, karsa cipta dan gagasan tertulis. Pimnas selain melombakan presentasi, juga akan melombakan poster

“Sedangkan empat Tim dari UNS yang lolos Pimnas yaitu satu di bidang penelitian eksakta (PKM-E), satu di bidang pengabdian kepada masyarakat (PKM-PM) dan dua gagasan tertulis (PKM-GT),” ujar Agus, Rabu (29/8).

Untuk PKM-E ini berasal dari mahasiswa Prodi Teknik Kimia Fakultas Teknik (FT) dengan judul Menciptakan Baterai Lithium dari Limbah Pabrik Semen. Sedangkan untuk PKM-PM ini dari mahasiswa Prodi Farmasi FMIPA dengan judul Apoteker Keluarga Unggulan (AKU) Farmasi UNS Siap Membantu Masyarakat untuk Sehat dan Cerdas Gunakan Obat, lalu PKM-GT dari mahasiswa Prodi Matematika FMIPA dengan judul Pengoptimalan Tata Letak dan Kebersihan Pasar Rakyat Sebagai Upaya Peningkatan Minat Masyarakat Terhadap Pasar Rakyat Menggunakan Multidimensional Scaling (MDS). Dan PKM-GT dari mahasiswa Prodi PPKn FKIP dengan judul Mencegah Radikalisme dan Terorisme di Kalangan Mahasiswa.

Agus menambahkan, sebelum akhirnya lolos ke Pimnas, dari UNS sudah melakukan seleksi hingga akhirnya terdapat 99 PKM yang didanai oleh Kemenristekdikti. Dari 99 PKM tersebut, hanya empat yang berhasil lolos untuk mengikuti Pimnas ke-31 tahun 2018. “Kami berharap tahun depan proposal yang didanai Kemenristekdikti terus meningkat dan yang lolos masuk Pimnas juga meningkat. Kalau tahun ini hanya empat semoga empat tim ini bisa bawa pulang emas semua,” kata Agus.

Dalam Pimnas ke-31 tahun 2018, terdapat 440 tim kreativitas mahasiswa dari 136 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia.

Dari jumlah tersebut Universitas Brawijaya (UB) mengirimkan jumlah terbanyak, yaitu 25 tim.Tim yang mengikuti Pimnas ini sebelumnya sudah melalui seleksi dari Kemenristekdikti.

“Semoga kreativitas mahasiswa tersebut tidak hanya selesai setelah pelaksanaan Pimnas, tetapi tetap dapat berlanjut. Sebab inovasi dan riset yang mereka lakukan berpotensi untuk dikembangkan. Sehingga tidak hanya berhenti pada presentasi tanpa ada tindak lanjutnya. HUMAS UNS

Leave a Reply