UPT SPMB UNS Bagikan Strategi Sukses SNBT 2024

UPT SPMB UNS Bagikan Strategi Sukses SNBT 2024

UNS — UPT Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar sosialisasi dengan tema “Bincang UTBK SNBT UNS 2024”. Kegiatan dikemas dalam bentuk yang lebih santai melalui program UNS BISA! Bincang dan Sapa yang disiarkan melalui Live Instagram SPMB UNS. Sesi ini turut menghadirkan Koordinator Bidang Program Sarjana SPMB UNS, Ir. Widiyanto, S.P., M.Si., Ph.D., Rabu (4/4/2024) sore.

Pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tersisa 1 hari lagi dan akan ditutup pada Jumat (5/4/2024) pukul 15.00 WIB. Segala persiapan para peserta sudah harus mencapai final demi duduk di bangku impian perkuliahan. Namun, nampaknya masih terdapat beberapa kendala yang kerap ditemui. Pada kesempatan ini, SPMB UNS berikan beberapa tips dan saran untuk meraih kesuksesan pada SNBT 2024

Utamakan Minat dan Bakat
Para calon mahasiswa baru akan melanjutkan studi pada jenjang pendidikan tinggi. Waktu yang tidak singkat mendorong mereka untuk memilih jurusan yang tepat. Hal ini kerap menimbulkan perdebatan panjang antara peserta dengan orang-orang disekitarnya. Widiyanto menyarankan agar para peserta SNBT dapat memilih jurusan yang mereka sukai. Pada waktu pendaftaran SNBT yang kian singkat ini, Beliau terus mengingatkan kepada para peserta untuk menemukan passion sebagai landasan memilih jurusan.

“Kalau tidak suka, tidak senang, tidak didasarkan pada kemampuan diri maka nanti selama 4 tahun akan kesulitan,” pesan Widiyanto.

Cermati Keketatan dan Persaingan
Jumlah kuota yang terbatas membuat setiap peserta wajib bersaing. Angka keketatan tiap jurusan akan berbeda. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan jumlah peminat, pamor, dan hal lainnya yang dimiliki suatu program studi (Prodi).

Hal ini dapat dipersiapkan setiap peserta SNBT melalui proses belajar yang baik. Terdapat 3 materi tes yang akan diujikan pada UTBK 2024, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Penalaran Matematika. Persiapan materi yang matang akan memperbesar kemungkinan peserta UTBK memperoleh nilai tinggi. Hal ini nantinya akan menjadi keunggulan dalam persaingan pada seleksi SNBT.

“Perlu persiapan lebih matang sehingga bisa mengalahkan kompetitor yang relatif banyak,” ujarnya.

Beragamnya jenis prodi yang ada di Indonesia juga menjadi kesempatan yang dapat dimanfaatkan. Peserta SNBT dapat menggunakan waktu yang tersisa ini untuk memperluas pengetahuan yang lebih banyak terhadap prodi-prodi yang ada. Karena hal itulah, Widiyanto, mengimbau untuk tidak terlalu fanatik dengan prodi tertentu.

Data-data mengenai prodi yang ada di UNS dapat dipelajari melalui https://sidata-ptn-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ptn_sb.php?ptn=353. Terdapat 93 prodi yang memuat daftar program studi, daya tampung, peminat, dan jenis portofolio SNBT di UNS.

Lebih jauh, Widiyanto, memaparkan bahwa rata-rata peserta SNBT yang diterima berkisar pada angka 5-6% jumlah pendaftar di suatu program studi. Bahkan, pada beberapa prodi tertentu memiliki angka keketatan yang lebih tinggi, yakni berkisar 1-2% saja.

Hal Baru di SNBT 2024
Penyesuaian dan peningkatan kualitas seleksi terus dilakukan untuk menyaring potensi calon mahasiswa. Pada SNBT 2024, terdapat hal-hal baru yang perlu dicermati. Salah satu yang perlu dicermati adalah ketentuan pemilihan prodi.

Peserta dapat memilih 4 program studi, dengan 2 akademik dan 2 vokasi. Jika hanya memilih 3 program studi, peserta diizinkan memilih 2 program studi akademik dan 1 program studi vokasi. Untuk para peserta yang ingin memilih 2 program studi, peserta bebas memilih program mana pun.

“Pada prinsipnya untuk SNBT, (peserta) yang diterima berdasarkan skor tertinggi pada daya tampung prodi tersebut. Pilihan urutan kesatu, dua, tiga, empat tidak masalah. Yang penting skornya tinggi di prodi itu (yang dipilih). Kalau ternyata keempatnya masuk, maka akan dipilihkan sesuai urutan pilihan,” terang Widiyanto, Ph.D.

Cegah Kesalahan Krusial
Foto menjadi hal penting sebagai informasi yang tertera pada kartu peserta UTBK. Para peserta diingatkan untuk menggunakan foto yang sesuai dengan ketentuan. Widiyanto mengingatkan agar tidak melakukan perubahan yang tidak perlu antara foto yang didaftarkan dengan tampilan diri saat UTBK berlangsung. Humas UNS

Reporter: R.P.Adji
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content