UPT SPMB UNS Gelar Sosialisasi Jalur Mandiri

UPT SPMB UNS Gelar Sosialisasi Jalur Mandiri

UNS – Unit Pelaksana Teknik (UPT) Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar UNS Open Days yang membahas tentang Sosialisasi Jalur Mandiri UNS 2023. Acara ini diselenggarakan secara daring dan disiarkan langsung melalui YouTube SPMB UNS, Instagram @spmbuns, dan Zoom Meeting. Kegiatan UNS Open Days berlangsung selama 2 hari pada Senin (5/6/2023) hingga Selasa (6/6/2023). Adapun kegiatan UNS Open Days hari pertama diisi dengan acara Pimpinan UNS Menyapa dan Q&A Fakultas. Serta untuk hari kedua diisi dengan Q&A Fakultas dan Beasiswa.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. membuka secara resmi kegiatan UNS Open Days ini. Prof. Jamal menyampaikan bahwa UNS membuka 7 jalur masuk dalam Seleksi Mandiri (SM) UNS 2023. Jalur SM UNS disediakan untuk memberikan akses Pendidikan Tinggi (PT) yang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Sebanyak 7 jalur masuk SM UNS untuk jenjang Sarjana meliputi jalur prestasi, jalur kepemimpinan muda, jalur kemitraan, jalur disabilitas, jalur ujian UNS, jalur nilai UTBK, dan jalur kelas internasional. Sementara jalur masuk SM UNS untuk jenjang Diploma meliputi jalur prestasi jalur kepemimpinan muda, jalur kemitraan, jalur disabilitas, jalur ujian UNS, dan jalur nilai UTBK. Perbedaannya hanya terletak pada jenjang Diploma tidak dibuka jalur kelas internasional,” papar Prof. Jamal.

Prof. Jamal pun turut mengajak generasi muda untuk memilih PT terbaik. Serta cerdas, kreatif, dan hati-hati dalam memilih universitas maupun Program Studi (Prodi). Misalnya saja, dengan mengikuti kegiatan seperti UNS Open Days ini untuk bisa mengenali lebih dekat profil fakultas dan Prodi yang ada di UNS.

Kemudian acara UNS Open Days dilanjutkan dengan sosialisasi Bersama Plt.Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. Prof. Yunus mengatakan bahwa UNS bisa menjadi pilihan terbaik karena saat ini UNS telah memiliki reputasi membanggakan baik di tingkat nasional sampai internasional. UNS juga telah menjalin kerja sama global dengan banyak universitas-universitas ternama di dunia.

“Untuk para adik-adik yang mau mendaftar SM UNS, persiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti tes masuk sesuai jalur yang dipilih. Mudah-mudahan bisa berhasil dan bisa bergabung menjadi bagian keluarga besar UNS,” ucap Prof. Yunus.

Sementara itu, Kepala UPT SPMB UNS, Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si. memaparkan tentang SM UNS Tahun 2023. Prof. Hadi mengatakan bahwa setiap tahunnya animo pendaftar di UNS dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Maka, persiapkan diri dengan matang adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ir. Widiyanto, S.P., M.Si., Ph.D selaku Korbid Sarjana SPMB UNS. Ir. Widiyanto menyampaikan mengenai persyaratan dan alur pendaftaran SM UNS. Selanjutnya Dr. Moh. Abdul Hakim, S.Psi., M.A. selaku Korbid Penjaminan Mutu & Pengembangan Naskah Soal Ujian SPMB UNS menjelaskan mengenai Petunjuk Ujian Daring Seleksi Mandiri UNS Jalur Ujian Tulis UNS. Sementara itu, pada sesi sharing alumni turut hadir Dimas Irawan selaku Atase Ilmu Pengetahuan KBRI/PTRI Wina Austria dan Veronika Andrews, MBA selaku Project Manager Boeing Commercial Airplanes. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa

Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content