Wujudkan Pengabdian Masyarakat, UNS Terjunkan 3070 Mahasiswa KKN di 55 Kabupaten

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dalam mewujudkan salah satu misinya untuk menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada upaya pemberdayaan masyarakat, memberangkatkan 3070 mahasiswa dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode ke IX, pada Selasa (10/7/2018). Mahasiswa tersebut secara resmi diberangkatkan oleh Rektor UNS, Ravik Karsidi, menuju 55 kabupaten di Indonesia.

Ravik menjelaskan bahwa dalam skema KKN tematik dan integratif, mahasiswa membawa tema atau program tertentu yang ada di masyarakat dan menyelesaikan masalah masyarakat dengan pendekatan lintas bidang atau lintas ilmu yang bentuknya regular atau kemitraan. KKN tematik kali ini merupakan wujud pengabdian masyarakat oleh mahasiswa untuk menjalin sinergitas antara kampus dengan masyarakat.

Kegiatan ini juga merupakan media pembelajaran mahasiswa untuk belajar bersama masyarakat, sehingga mahasiswa dapat memendapatkan pengalaman belajar dan bekerja tentang penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di luar kampus sehingga dapat terampil dalam memecahkan masalah di masyarakat secara profesional ketika lulus nanti.

“Mahasiswa KKN adalah wakil almamater UNS di tempat tujuan KKN sehingga diharapkan mahasiswa dapat mencerminkan karakter budaya UNS ACTIVE, yaitu mahasiswa yang berorientasi pada prestasi, memberikan layanan terbaik untuk masyarakat, mengutamakan kebersamaan, mempunyai intregitas tingi, berorientasi pada masa depan, serta mandiri. Pengalaman adalah guru yang terbaik sehingga bersedialah belajar dari masyarakat,” pesan Ravik dalam sambutan pemberangkatan mahasiswa KKN.

Total lokasi KKN UNS periode ke IX ini mencakup 301 desa, 84 kecamatan, 55 kabupaten, dan 16 provinsi di Jawa maupun luar Jawa. Penempatan KKN di luar Jawa meliputi 513 mahasiswa yang tersebar di 11 provinsi yaitu provinsi Bangka Belitung, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Papua, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Lampung, Sulawesi Selatan, Jambi, dan Bali.

Selain itu, UNS juga menerima kontingen dari Universitas Khairun Ternate sebanyak 5 mahasiswa. Sebanyak 7 mahasiswa UNS juga ikut kontingen KKN Kebangsaan ke provinsi Lampung. Selain itu, pada 15 April – 15 Mei 2018 UNS mengirimkan 3 mahasiswa untuk mengikuti KKN ke lahan gambut di Kepulauan Riau bekerjasama dengan Badan Reservasi Gambut Nasional.

“Konsep integratif dan lokasi KKN ini sudah tepat. Kegiatan ini sangat efektif untuk membantu pemerintah kabupaten dalam pengelolaan dan pembangunan desa terutama desa tertinggal. Saya yakin mahasiswa KKN itu sangat aktif, mereka cepat untuk bersosialisasi dengan masyarakat sehingga sangat bermanfaat sekali,” ungkap HM Nurdin, Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia. humas-red.uns.ac.id/Tni/Dty

By | 2018-07-10T16:10:05+00:00 10 July 2018|Categories: Berita Terkini|