UNS — Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Jamal Wiwoho membuka penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) V Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS, bertempat di Ruang Sidang Senat Gedung Rektorat dr. Prakosa, Minggu (5/12/2021) pagi.

Acara yang digelar secara luring dan daring ini, turut dihadiri oleh Ketua Pengurus Pusat IKA UNS Ir. Budi Harto, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Pusat IKA UNS Drs. Bambang Dwi Wahyudi, jajaran wakil rektor, dan dekan dari masing-masing fakultas.

Dalam sambutannya, Prof. Jamal pertama-tama mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Pusat IKA UNS yang telah menggelar rangkaian Munas V tahun 2021 dengan baik.

Ada pun, penyelenggaraan Munas V IKA UNS pada taggal 4-5 Desember tahun ini merupakan agenda yang sempat tertunda beberapa kali.

Sebelumnya, Pengurus Pusat IKA UNS sempat menjadwalkan penyelenggaraan Munas V pada bulan Desember 2020 dan Juni 2021. Namun, kedua agenda ini harus ditunda karena pandemi Covid-19.

Apresiasi secara khusus juga dilayangkan Prof. Jamal kepada Ir. Budi Harto selaku ketua yang sudah memimpin kepengurusan Pusat IKA UNS selama enam tahun.

“Pantas kiranya saya selaku Rektor UNS memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Pengurus Pusat dan juga Pengurus Daerah IKA UNS yang telah bahu-membahu meringankan beban UNS untuk mewujudkan visi besar sebagai world class university,” ujar Prof. Jamal.

Meski Munas V IKA UNS digelar di tengah pandemi Covid-19, Prof. Jamal meyakini bahwa semangat alumni untuk berkontribusi kepada kampus dan masyarakat tidak akan pernah surut.

Keyakinan itu diungkapkannya sebab selama hampir dua tahun pandemi Covid-19 melanda Indonesia, IKA UNS telah menyumbangkan banyak bantuan, mulai dari masker, alat kesehatan, sembako, bantuan kuota internet, beasiswa, termasuk dosis vaksin Covid-19 untuk sivitas akademika UNS dan masyarakat.

“Pandemi Covid-19 menjadi saksi bahwa ada kejayaan yang sudah kita tuntaskan bersama-sama. Dan, terima kasih juga kepada Pak Budi Harto yang sudah memberikan perhatian kepada adik-adiknya di kampus ini dengan mengucurkan dana guna bantuan kuota internet selama Maret-April 2020,” lanjut Prof. Jamal.

Capaian UNS

Penyelenggaraan Munas V IKA UNS 2021 dimanfaatkan Prof. Jamal untuk menyampaikan laporan capaian UNS dalam kurun dua tahun terakhir kepada alumni UNS yang hadir.

Laporan capaian UNS yang disampaikan Prof. Jamal mencakup hasil pemeringkatan UNS di tingkat nasional maupun internasional dan status otonom perguruan tinggi negeri.

Pertama, pada pemeringkatan Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR), UNS untuk pertama kalinya menempati peringkat ke-1.201+ dari 1.662 perguruan tinggi di dunia dan peringkat ke-6 perguruan tinggi di Indonesia

Pemeringkatan itu diumumkan pada tanggal 1 September 2021 usai THE melakukan penilaian terhadap sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Tidak hanya itu, Prof. Jamal juga menyampaikan, UNS masuk sebagai klaster 1 perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI.

“Yang lebih spesialnya lagi, UNS mendapat penghargaan poin tertinggi capaian IKU 2020/2021 dari Kemdikbudristek dan berhak mendapat insentif sebesar RP23,513 miliar,” terang Prof. Jamal.

Penghargaan tersebut diterima usai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbudristek RI melakukan penilaian terhadap UNS selama masih berstatus PTN-BLU.

Dalam hal ini, UNS menempati posisi tinggi (10 persen) dengan poin pencapaian 80 dan memperoleh poin pertumbuhan sebesar 774.

Tidak hanya itu, di hadapan alumni UNS, Prof. Jamal dengan bangga menyampaikan bahwa UNS telah berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) lewat PP No. 56/ 2020 yang diteken Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 6 Oktober 2020 yang lalu.

Buka Munas V IKA UNS, Rektor UNS: Banggalah jadi Alumni UNS

“Dan, kami ini yang PTNBH ditarget pemerintah untuk masuk sebagai 500 perguruan tingi terbaik di Indonesia. Jadi banggalah menjadi bagian dari keluarga alumni UNS karena saat ini, UNS sudah menjadi perguruan tinggi negeri yang bergengsi,” pungkasnya.

Harapan kepada Ketua Pengurus Pusat IKA UNS yang baru

Dalam Munas V IKA UNS, Prof. Jamal mengharapkan sosok yang akan terpilih memimpin Pengurus Pusat IKA UNS adalah figur yang tangguh dan berdedikasi tinggi.

Sebabnya, ia akan memimpin lebih dari 200 ribu alumni UNS yang tersebar di berbagai wilayah di tanah air dan beberapa negara di dunia.

Prof. Jamal menitipkan pesan agar Ketua Pengurus Pusat IKA UNS untuk mencontoh kepemimpinan Ir. Budi Harto, yang dinilainya punya komitmen tinggi untuk mendorong UNS terus maju sebagai perguruan tinggi yang bereputasi.

“Memimpin IKA UNS ini tida mudah. Harus ada komitmen tinggi dan kepemimpinan Pak Budi Harto bisa dicontoh. Mari bersama IKA UNS ini membangun ‘rumah besar bersama’ kita, UNS tercinta,” pungkas Prof. Jamal. Humas UNS

Reporter: Y.C.A. Sanjaya
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

UPPJ LPPM UNS Siapkan 10 Jurnal UNS agar Terindeks DOAJ

UNS --- Sepuluh jurnal milik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah disiapkan untuk...

Pakar Bahasa UNS Tanggapi Fenomena Trilingual di Media Sosial

UNS --- Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan penggunaan trilingual atau multilingual. Hal...

Kemendes PDTT Secara Simbolis Lepas Mahasiswa Peserta KKN Tematik UNS Membangun Desa

UNS --- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik...

Pusat Studi Difabilitas UNS Adakan Diskusi Angkat Tema Riset Berperspektif Disabilitas

UNS --- Isu disabilitas kian diperhatikan berbagai pihak di Indonesia. Universitas Sebelas Maret...

Pusdemtanas UNS Gelar Seminar Standar Hukum Pelaksanaan Vaksinasi Wabah Penyakit

UNS --- Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdemtanas) Lembaga Penelitian dan...

Pemkab Purworejo Terima Mahasiswa KKN Tematik Membangun Desa MBKM UNS

UNS --- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo menerima secara langsung mahasiswa Kuliah Kerja...

KKN Tematik UNS Membangun Desa Diikuti 1.492 Mahasiswa, Rektor UNS: Menjadi Esensi Sekaligus Mandat bagi Mahasiswa

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melepas 1.492 mahasiswa peserta Kuliah Kerja...

Kuatkan Ekosistem Pembayaran Digital, UNS Teken Kerja Sama dengan LinkAja

UNS --- Pandemi Covid-19 memaksa semua pihak untuk mengubah pola kehidupan ke arah digital. Hal...

Fokus Inventarisasi Data Prestasi Mahasiswa, DRAK UNS Gandeng UPT Humas dan Media

UNS --- Dari tahun ke tahun prestasi mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kian...

Merpati Putih UNS Borong 6 Juara dalam Bandung Lautan Api Championship 3

UNS --- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Merpati Putih Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...