UNS — Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membagikan 500 paket sembako kepada warga terdampak pandemi di sekitar kampus UNS pusat. Kegiatan ini merupakan kerja sama dengan program sosial Bank Indonesia (BI). Pembagian ini dilakukan melalui perwakilan ketua RT yang dilaksanakan secara simbolis pada Jumat (6/8/2021) di Gedung IKA UNS.

Penyerahan  paket sembako ini dihadiri langsung oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Sajidan, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo. Kemudian, yang tergabung secara daring melalui kanal Zoom antara lain Ketua IKA UNS Pusat, Ir. Budi Harto, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Pusat, Prof Wimboh Santosa, dan Kepala OJK Solo, Eko Yunianto.

Dalam laporannya, Ketua Panitia IKA UNS Gotong Royong Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), M Farid Sunarto mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu penanggulangan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat di Kota Surakarta.

“Bantuan berupa paket sembako, multi vitamin, masker dan lain-lain sejumlah 500 paket.  Program ini untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk lebih lebih tertib dalam menjalankan Prokes 6M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi keramaian, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama. Wilayah kegiatan lingkungan kampus UNS Kentingan Surakarta (ring 1),” jelasnya saat membacakan laporan kegiatan.

Kriteria penerima bantuan tersebut adalah masyarakat yang tinggal atau beraktifitas usaha kecil terdampak di lingkungan yang ditentukan oleh tim verifikasi yaitu ring 1 kampus UNS Kentingan Surakarta.  Prioritas utama adalah kawasan yang berbatasan langsung dengan kampus
UNS.

“Kategori penerima diprioritaskan untuk usaha kuliner, transportasi sederhana, cetak/print, penjahit/permak, tambal ban, dan tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan. Lalu, penerima manfaat bersedia taat dan tertib menerapkan prokes 6M.  Dalam 1 Kartu Keluarga (KK) dilarang menerima lebih dari 1 paket sembako. Kemudian, mengisi daftar blangko dari panitia dan ditandatangani oleh Ketua RT setempat,” imbuhnya.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengatakan bahwa salah satu dampak terbesar dari pandemi selain di bidang kesehatan adalah di bidang ekonomi.
“Banyak toko, kegiatan ekonomi, aktivitas perdagangan tidak berjalan karena pandemi. Selain itu tidak sedikit yang dirumahkan dan pendapatannya berkurang. Saya mengapresiasi empati yang dilakukan IKA UNS yang tidak henti-hetntinya  untuk peduli terhadap pandemi Covid-119 ini. Sore ini (Jumat (6/8/2021)) IKA UNS akan menyerahkan 500 bantuan paket sembako dengan tajuk IKA UNS Gotong Royong Program Sosial Bank Indonesia,” kata Prof. Jamal saat memberikan sambutan.

IKA UNS Bekerja Sama dengan BI Membagikan 500 Paket Sembako untuk Warga Terdampak Pandemi di Lingkungan Kampus

Prof. Jamal berharap agar kerja sama IKA UNS dengan BI tidak hanya berhenti di sini, tetapi juga akan berlanjut pada kegiatan lain.
“Semakin berderma, bersedakah, semakin dimudahkan urusan-urusannya. Mohon kiranya bantuan sembako ini bisa diterima dengan baik dan saya juga berterima kasih atas partisipasi bapak dan ibu di lingkungan UNS yang bersama-sama menjaga kedamaian, keamanan di lingkungan UNS. Kalau dalam Jawa istilahnya pager mangkok, pagernya engga banyak tapi mangkoknya banyak,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Tingkatkan Pertumbuhan Sayur dan Buah, Mahasiswa UNS Rancang Alat Penyiram Otomatis dan Humidity Controller

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak pernah kehabisan akal untuk...

Prodi Sosiologi Fisip UNS Teken Kerja Sama dengan UIN Ar-Raniry Aceh

UNS --- Pada September 2021 ini, Program Studi (Prodi) S1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim KKN UNS 148 Sosialisasikan Bahaya Covid-19 dan Vaksinasi untuk Lansia di Desa Gombang, Boyolali

UNS --- Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun. Sejumlah varian baru yang lebih...

Solutif dan inovatif, Mahasiswa UNS Ciptakan Pelapis Antivirus Berbasis Selulosa sebagai Alternatif Pencegahan Penyebaran Covid-19

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan inovasi di tengah...

Dosen UNS Gelar Pendampingan Industri Jersey Printing melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat

UNS --- Jersey merupakan pakaian yang sering dipakai untuk kegiatan permainan sepak bola. Namun,...

FEB UNS Gelar Pelatihan Alat Analisis Kuantitif – IBM SPSS

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan...

Bimbingan Karir dan ‘Planner Book’, Program Gagasan Mahasiswa UNS Guna Mengurangi Kecemasan Karir Tunarungu

UNS --- Terobosan baru kembali dilakukan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Kreatif dan Solutif, Tiga Mahasiswa UNS Sulap Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Menjadi Plester Terapi Luka Diabetes

UNS --- Selama ini, Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) hanya dianggap sebagai limbah padat hasil...

Mahasiswa UNS Ciptakan Sabun Kertas Berbahan Alami

UNS --- Berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan akibat pandemi Covid-19, lima mahasiswa...

Tingkatkan Minat Bercocok Tanam Warga, Kelompok 333 KKN UNS Kenalkan Sistem Hidroponik

UNS --- Hidroponik menjadi salah satu inovasi dalam bercocok tanam yang makin menarik perhatian...