Search
Close this search box.

IKA UNS Gelar Silaturahmi dan Halalbihalal Idulfitri 1445H

UNS – Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan Silaturahmi dan Halal Bihalal pasca Idulfitri 1445 Hijriah, Sabtu (4/5/2024). Acara berlokasi di Puri Agung Ballroom Grand Sahid Hotel Jakarta. Alumni UNS dari lintas generasi menghadiri pertemuan yang rutin diadakan setiap tahun ini.

Silaturahmi dan Halal Bihalal IKA UNS 2024 mengangkat tema “UNStoppable Solidarity: Kebersamaan Alumni untuk Negeri”. Acara ini dipandu oleh Rory Arsyari dan Deandra Aurellia selaku MC. Plt. Rektor beserta Wakil Rektor selaku Pimpinan UNS hadir langsung dalam acara ini. Turut hadir pula para Dekan, Pimpinan Unit, dan Lembaga di lingkungan UNS.

Ketua IKA UNS, Ir. Budi Harto, M.M., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas berkumpulnya alumni UNS dari berbagai angkatan. Khususnya, beliau menyoroti kehadiran alumni angkatan 2000-an atau angkatan abad 21 yang menjadi mayoritas dalam acara ini. Menurut Budi Harto, momentum tersebut menjadi sebuah pertanda kebersamaan IKA UNS akan selalu bergulir.

“Halal Bihalal saat ini terasa istimewa karena mayoritas dihadiri alumni muda. Alumni angkatan abad 21 ini menunjukkan bahwa kebersamaan kita akan selalu bergulir. Saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi alumni muda dan teman-teman sekalian,” tutur Budi Harto.

Beliau menambahkan, para alumni telah usai dalam menamatkan pendidikan di UNS. Bekal keilmuan yang di dapat semasa berkuliah dahulu hendaknya menjadi dorongan untuk senantiasa memberikan dukungan balik kepada kampus. Budi Harto mengajak para alumni UNS untuk saling bersinergi menjalin kerja sama dengan UNS.

Hal tersebut tentunya menjadi angin segar bagi kampus mengingat salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi adalah kerja sama yang terjalin dengan dunia usaha dan dunia industri. Beliau menjelaskan bahwa kerja sama tersebut dapat dimulai dengan Program Studi (Prodi) yang ada di UNS.

“Mari kita sama-sama merintis kerja sama dengan UNS. Bisa dimulai dari koordinasi dengan masing-masing prodi. Apa saja yang bisa disinergikan bersama. Dengan demikian saya kira kita akan ikut menjaga pertumbuhan UNS di masa yang akan datang,” tambah Beliau.

Plt. Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H., juga menyampaikan apresiasinya atas agenda Silaturahmi dan Halal Bihalal IKA UNS tahun ini. UNS bukanlah institusi yang “jauh” dari Dr. Chatarina Muliana. Pasalnya, adik keempat Beliau merupakan Alumnus Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS.

Momen silaturahmi dan halal bihalal ini diharapkan membawa kebahagiaan dan menjadi momen yang istimewa bagi seluruh alumni UNS. Bagi Plt. Rektor UNS, acara ini bukan hanya ajang penuh nostalgia. Melainkan juga sebagai kesempatan untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan.

“Saya berharap dalam pertemuan ini pengalaman-pengalaman dan pengetahuan akan memperkuat solidaritas untuk memupuk kebersamaan,” harap Dr. Chatarina.

Perjuangan alumni UNS dalam menapaki dunia pasca perkuliahan sangat diapresiasi sebagai suatu kinerja yang luar biasa oleh seluruh sivitas akademika UNS. Dr. Chatarina menilai demikian mengingat banyak dari Alumni UNS yang kini telah atau pernah menduduki jabatan-jabatan strategis pada berbagai instansi. Mereka semua telah berperan dalam kemajuan bangsa dan ikut memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia.

Tidak ingin ketinggalan, UNS selaku Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) senantiasa melakukan peningkatan-peningkatan. Tentu saja hal ini dapat tercapai lebih baik lagi apabila menerima peran dari alumni. Dr. Chatarina yang juga menjabat sebagai Irjen Kemendikbudristek mewakili pemerintah berpesan agar peran serta alumni dapat bergerak sejajar dengan pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan bangsa.

“Kita harus lebih banyak melakukan berbagai inovasi dengan sangat cepat. Tantangan itu dapat lebih cepat berubah dari semua perencanaan yang kita lakukan,” ujar Beliau.

Acara Silaturahmi dan Halal Bihalal IKA UNS 2024 berlangsung kian meriah dan khidmat. Pasalnya, momen ini dihadiri oleh sejumlah bintang tamu. Maliq & D’Essentials dan Bendera 80 didatangkan untuk memberikan hiburan dan memeriahkan jalannya acara dengan musik dan lagu populernya. Adapun Ustaz Zacky Mirza yang turut hadir menyampaikan tausiah dan pesan moral penting.
Humas UNS

Skip to content