Search
Close this search box.

UNS Menjadi Tuan Rumah Peksimida 2024 Bekerja Sama dengan ISI Surakarta

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terpilih menjadi tuan rumah Tangkai Lomba Tari Garapan Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Jawa Tengah 2024. Dalam kesempatan kali ini UNS menggandeng Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta untuk bekerja sama menyukseskan agenda rutin Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Sebagai pembuka agenda Peksimida Jawa Tengah 2024, UNS yang merupakan tuan rumah menggelar grand opening Peksimida Jawa Tengah 2024 di Pendopo Ageng KGPH Joyokusumo ISI Surakarta, Senin (24/6/2024) malam. Bertempat di ISI karena setelah itu akan dilaksanakan tangkai lomba Tari Garapan di Teater ISI Surakarta pada Selasa (25/6/2024) hingga Kamis (27/6/2024).

Welcoming speech diberikan oleh Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Dr. I Nyoman Sukerna, S.Kar., M.Hum. Beliau mengucapkan kegembiraannya atas kerja sama yang ditawarkan UNS dalam menyelenggarakan tangkai lomba Tari Garapan Peksimida Jawa Tengah 2024 ini. Dirinya juga menjamin pihaknya akan netral dalam proses penjurian lomba.

β€œISI Surakarta ditunjuk sebagai mitra UNS dalam pelaksanaan tangkai lomba Tari Garapan, untuk itu saya menyampaikan terima kasih atas kepercayaannya. ISI surakarta sebagai mitra mengambil posisi netral dalam penjurian lomba. Pemilihan juri tidak dari dosen ISI, UNS, atau pengurus BPSMI,” jelas Dr. I Nyoman

Ketua Umum BPSMI Provinsi Jawa Tengah, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., melaporkan bahwa pelaksanaan rangkaian perlombaan Peksimida Provinsi Jawa Tengah 2024 diselenggarakan di 12 Perguruan Tinggi di Jawa Tengah, mulai dari tanggal 11 Juni hingga 31 Juli 2024.

Rangkaian perlombaan dalam Peksimida Jawa Tengah 2024 adalah dalam rangka seleksi untuk memilih wakil terbaik dari 15 tangkai seni yang diperlombakan. Perwakilan tersebut akan mewakili BPSMI Provinsi Jawa Tengah pada ajang Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) di Jakarta, September mendatang.

Pelaksanaan Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2024 ini tercatat sebagai Provinsi dengan jumlah pendaftar terbanyak secara nasional, yaitu dengan total peserta sejumlah 840 mahasiswa yang berasal dari 55 Perguruan Tinggi di seluruh Jawa Tengah.

“Diharapkan dengan Peksimida pada tahun 2024 ini mahasiswa dari Perguruan Tinggi Jawa Tengah dapat menampilkan yang terbaik. Sehingga yang terpilih dan menang nanti mampu tampil maksimal dan terbaik di ajang Peksiminas 2024, dan BPSMI Provinsi Jawa Tengah insyaAllah dapat meraih Juara Umum Peksiminas 2024, mengulang capaian Peksiminas 2022,” lapor Prof. Yunus.

Plt. Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H. untuk menghaturkan rasa bangga dan bahagia karena dapat menyelenggarakan kegiatan yang penuh makna dan sarat akan nilai-nilai budaya ini. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan Peksimida Jawa Tengah 2024 ini merupakan wujud nyata dari upaya semua pihak dalam mengembangkan, melestarikan, dan mengapresiasi karya seni di kalangan mahasiswa.

β€œKami berharap, melalui kegiatan ini, akan lahir seniman-seniman muda berbakat yang mampu membawa nama baik Provinsi Jawa Tengah ke kancah nasional maupun internasional. Selain itu, Peksimida juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi dan kerja sama antar perguruan tinggi di wilayah kita,” tutur Dr. Chatarina dalam sambutan sekaligus membuka acara.

Turut hadir memeriahkan acara grand opening Peksimida Jawa Tengah 2024 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badan Koordinasi Kesenian Tradisional (BKKT) yang membawakan tari gambyong dan Pencak Silat UNS yang menampilkan seni bela diri tapak suci. Humas UNS

Reporter: Annisa Fakhira
Redaktur: Dwi Hastuti

Scroll to Top
Skip to content