Tim Pengabdian Masyarakat FEB UNS Beri Pelatihan Kewirausahaan dan Pembuatan Pamflet Promosi UMKM Kuliner di Palur, Karanganyar

Tim Pengabdian Masyarakat FEB UNS Beri Pelatihan Kewirausahaan dan Pembuatan Pamflet Promosi UMKM Kuliner di Palur, Karanganyar

UNS — Riset Grup (RG) Ekonomi Kreatif Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Palur, Karanganyar. Mereka memberikan pelatihan, pendampingan kewirausahaan digital, dan pembuatan pamflet promosi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kuliner. Pengabdian masyarakat tersebut berupa rangkaian kegiatan yang berlangsung selama 3 bulan sejak bulan Juliā€“September 2022.

Tim Pengabdian Masyarakat RG Ekonomi Kreatif terdiri dari Dr. Intan Novela Qurrotul Aini, S.E., M.Si., Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, M.Si., Prof., Dr. Hunik Sri Runing Sawitri, M.Si., Suryandari Istiqomah, S.E., M.Sc., Dra. Anastasia Riani Suprapti, M.Si., dan Dr. Mugi Harsono, S.E., M.Si. 

RG Ekonomi Kreatif UNS menilai bahwa UMKM termasuk salah satu sektor yang sangat terdampak pasca adanya Pandemi Covid-19. Mereka menemukan para pedagang di sekitar Perumnas Palur yang terkena dampak ekonomi. Hal tersebut berakibat kawasan perdagangan di sana menjadi kian sepi. Ditambah lagi, kurangnya pengetahuan para pedagang tentang bisnisĀ onlineĀ mengakibatkan para pedagang menggantungkan penjualan produknya pada penjualanĀ offlineĀ saja.

ā€œPenurunan konsumsi rumah tangga serta berkurangnya aktivitas berbelanja di luar rumah mengakibatkan berkurangnya pendapatan warung-warung makanan, warung sembako, dan pedagang-pedagang kecil yang berada di Perumnas Palur,ā€ ujar Dr. Intan dalam rilisnya Senin (7/11/2022).

Oleh karena itu, RG Ekonomi Kreatif UNS menginisiasi pelatihan untuk menambah pengetahuan konsep pemasaran digital sederhana untuk menjual produk mereka. Mereka memberikan pelatihan kewirausahaan dan pengelolaan bisnis secara daring pada 21 Juli 2022. Maliyana Nur Wijayanti, S.Pd., M.M. seorang wirausahawan dan pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Surakarta menjadi pembicara pelatihan. 

Lebih lanjut, pada 11 September 2022 diadakan pelatihan dan praktik membuat pamflet promosi dengan aplikasi Canva dan praktik bisnis digital oleh Syaifudin Zyuhri dan Titis Prasetyowati.

Sesi pelatihan pertama bertujuan membuka pola pikir berwirausaha. Pelatihan berfungsi mengetahui cara mengelola bisnis baik dari sisi keuangan. Pelatihan juga diisi dengan pengantar pemasaran di era digital. Maliyana menyampaikan langkah-langkah awal dalam memulai bisnis. Poin materi lainnya meliputi penggalian ide bisnis, berpikir ā€œout of the boxā€, pemanfaatan media sosial, langkah berpromosi, dan memberi layanan terbaik. 

Pada sesi kedua, peserta UMKM diberi pelatihan dan praktik membuat pamflet promosi dengan menggunakan aplikasi Canva. Selain itu, peserta belajar praktik melakukan bisnis secara daring melalui media sosial. Pelatihan kedua berisi materi tentang deskripsi singkat tentang aplikasi Canva, fitur-fitur Canva, membuat akun Canva, dan praktik membuat desain konten/poster digital dengan Canva. Materi pelatihan dilanjutkan dengan praktik melakukan promosi melalui media sosial.

ā€œMateri tentang pembuatan flyer promosi tentunya sangat dibutuhkan bagi para pelaku UMKM saat mereka melakukan pemasaran online. Dengan desain yang bagus dan menarik mereka dapat mengenalkan dan memasarkan produk kepada masyarakat luas dengan lebih efektif,ā€œ jelas Dr. Intan selaku ketua Tim Pengabdian di Palur. 

Hasil kegiatan pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dan merasakan manfaat dari pelatihan ini. Hal tersebut dibuktikan RG Ekonomi Kreatif UNS dengan hasil kuesionerĀ post testyang menyebutkan bahwa sebagian besar peserta pelatihan sangat merasakan manfaatnya. Para peserta juga tertarik untuk memasarkan produk secara daring.Ā Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Redaktur: Dwi Hastuti

[tta_listen_btn]
Skip to content