FT-Rohmadi-UNS

Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.
Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia
FKIP Universitas Sebelas Maret

Kepala UPT Perpustakaan UNS
Ketua Umum Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI)
Email: rohmadi_dbe@yahoo.com

 

“Menjadi mahasiswa adalah impian setiap generasi muda Indonesia, maka bermimpilah setinggi langit dan wujudkan mimpi-mimpimu dengan segala kreativitas dan produktivitasmu untuk negerimu. Taklukkan dunia dengan karya-karyamu untuk membangun Indonesia tercinta di mata dunia”

 

Kuatnya kreativitas dan produktivitas mahasiswa dalam pembelajaran di kampus negeri dan swasta di Indonesia adalah kunci keberhasilan untuk membangun NKRI. Kampus sebagai kawah condrodimuko bagi para mahasiswa untuk membaca, menulis, memahami teori, mempraktikkan, dan menghasilkan karya-karya besar yang harus disumbangkan untuk percepatan dan pembangunan NKRI. Kuatnya sumber daya mahasiswa berarti kuatnya generasi muda Indonesia untuk melanjutkan keberlangsungan dan kejayaan Indonesia di mata dunia.

Komitmen dan keyakinan menjadi mahasiswa yang sukses sebagai modal utama. Orang tua, dan seluruh sivitas akademika harus mampu berkolaborasi untuk membantu para mahasiswa Indonesia memiliki komitmen dan keyakinan untuk dapat menjadi mahasiswa yang cerdas, kreatif, produktif, dan berbudi luhur. Para mahasiswa di seluruh NKRI harus memiliki komitmen dan keyakinan bahwa mereka akan menjadi calon-calon pemimpin masa depan yang kreatif dan inovatif dalam berbagai perspektif.

Percaya diri dan ketekunan menjadi kunci kedua untuk membangun NKRI dan menaklukan dunia. Para mahasiswa harus memiliki rasa percaya diri untuk dapat menumbuhkembangkan kemampuan hardskill dan softskill. Ketekunan untuk belajar dengan memanfaatkan segala fasilitas kampus, seperti laboratorium, perpustakan, klinik-klinik pembeljaran, dan segala fasilitas indoor dan outdoor kampus yang mendukung dapat dijadikan sarana mahasiswa untuk dapat memiliki reportoar bahasa dan pengetahuan sebagai salah satu kunci sukses untuk membangun rasa percaya diri. Ketekunan dan kesabaran akan menjadikan para mahasiswa lebih dewasa, tidak mudah putus asa, dan berhasil untuk mewujudkan mimpi-mimpi besarnya untuk NKRI tercinta.

Kerativitas dan produktivitas mahasiswa sebagai kunci ketiga untuk mewujudkan mimpi-mimpi besarnya sebagai calon pemimpin bangsa. Segala kreativitas dan produktivitas mahasiswa sebagai bentuk pengembangan kompetensi hardskill dan softskill yang harus dimiliki oleh para mahasiswa di seluruh NKRI. Hal ini sebagai bentuk implementasi segala teori dan temuan yang dilakukan oleh para mahasiswa, baik di kampus maupun luar kampus. Segala kreativitas dan produktivitas mahasiswa telah difasilitasi oleh kampus dan pemerintah melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh ristekdikti setiap tahun dan seluruh mahasiswa yang kreatif dipertemukan dalam forum nasional PIMNAS. Hal ini sebagai bentuk komitmen pemerintah terhadap para mahasiswa dan generasi Indonesia sebagai calon-calon pemimpin bangsa yang kreatif dan produktif.

Para mahasiswa sebagai calon-calon pemimpin bangsa di masa depan harus memiliki kompetensi yang unggul dalam bidang hardskill dan softskill. Selain itu, kecerdasan intelektual, spiritual, emosional harus diintegrasikan menjadi satu keunggulan para mahasiswa dalam berkreasi dan berkarya untuk bangsa Indonesia tercinta. Wahai para mahasiswa di seluruh NKRI, sekaranglah saatnya kalian bangkit dan mulai berbenah diri untuk meningkatkan kompetensi diri sebagai para calon pemimpin bangsa Indonesia tercinta di masa yang akan datang. Berkaryalah untuk negeri, cintai dan junjung nama besar Indonesia di mata dunia dengan karya-karya besar kalian., kalau tidak sekarang kapan lagi, kalau tidak kalian, siapa lagi. Ayo bangkit dan wujudkan mimpi-mimpimu untuk NKRI tercinta!

 

“Mimpi adalah wujud imajinasi yang harus dinyatakan dalam perbuatan dan karya nyata untuk dapat dilihat dan dirasakan nilai kemaslahatanya. Berkaryalah untuk dikenenag sepanjang masa oleh seluruh umat manusia di dunia”

Suka dengan artikel ini?

Kaprodi Teknik Mesin: Tingkatkan Efisiensi Akademik Lewat Integrasi Penelitian

Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik UNS merupakan mahasiswa pilihan dengan...

Tri Utami, Gunakan Aplikasi SIREA untuk Laporan Realisasi Anggaran FIB

Laporan realisasi anggaran menjadi salah satu bagian penting dalam penyusunan laporan keuangan....

Penelitian Laboran Berprestasi UNS, Gunakan Adsorben Serbuk Genteng untuk Olah Limbah Krom (Cr)

Banyaknya pembangunan pabrik-pabrik di sepanjang Daerah Alisan Sungai (DAS) menimbulkan...

Darurat Kelembagaan Pangan di Indonesia

Masalah pangan adalah masalah umat manusia yang paling penting dalam sejarah peradaban manusia,...

Ekstrak Patikan Kebo untuk Terapi Penyakit Asma

Dry Powder Inhaler dari Ekstrak Patikan Kebo yang Seampuh Kortikosteroid Mahasiswa Berprestasi UNS...

WACANA PERLUNYA HALUAN NEGARA

Wacana tentang perlunya haluan negara semacam GBHN pada dua tahun terakhir ini menguat. Sejak...

Semar Scientific Expo dan Temu Bisnis Mahasiswa UNS

Studi ilmiah Mahasiswa (SIM UNS) akan menyelenggarakan “Semar Scientific Expo” pada Sabtu-Minggu,...

Seminar Nasional Optimalisasi Riset Indonesia

Studi ilmiah Mahasiswa (SIM UNS) bersama Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia Klaster...

Cinta dan Bangga Menjadi Keluarga Besar UNS

Cinta dan Bangga Menjadi Keluarga Besar UNS: 40 Tahun Universitas Sebelas Maret (UNS) Mengabdi...

Menjadi Mahasiswa Kreatif dan Produktif Berbasis Hardskill dan Softskill

Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum. Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Sebelas...