Search
Close this search box.

Mahasiswa FKOR UNS Adakan Festival Olahraga Tradisional Siswa Kota Surakarta

UNS – Tim Mahasiswa Kampus Mengajar 7 dari Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Sportiva Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Festival Gebyar Olahraga Tradisional (GoTrans). Program yang dilaksanakan pada Selasa (11/6/2024) ini menjadi bentuk kepedulian mahasiswa UNS terhadap pelestarian olahraga tradisional.

GoTrans yang dipelopori oleh para mahasiswa Kampus Mengajar Kota Surakarta dan HMP Sportiva berlokasi di halaman dan GOR FKOR UNS. Ada beberapa permainan yang dipertandingkan dalam GoTrans, yakni gobak sodor, boboyan atau untrakol, bakiak, bentengan, dan tarik tambang. Permainan itu dipilih karena dinilai mudah serta mulai jarang dimainkan oleh anak-anak.

Acara ini dihadiri oleh Dekan FKOR UNS, Prof. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd.; Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FKOR UNS, Dr. Rony Syaifullah, M.Pd.; Kaprodi PJKR FKOR UNS, Dr. Pomo Warih Adi, S.Pd., M.Or.; Dosen pengampu mata kuliah, Dr. Sri Santoso Sabarini, S.Pd., M.Or.; Koordinator Kampus Mengajar, Abdul Aziz Purnomo Sidiq, M.Pd.; Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Surakarta, Drs. Budi Paryono, S.H., M.H.; Bendahara KORMI, Sri Hastuti, S.Pd.; dan Guru Pendamping dari masing masing SD peserta.

Kegiatan GoTrans ini dibuka langsung oleh Prof. Sapta Kunta. Beliau menyampaikan pentingnya kegiatan ini bagi siswa agar mereka bisa senang dan cinta terhadap olahraga tradisional. Indonesia memang memiliki keberagaman budaya, salah satunya dalam hal permainan tradisional. Permasalahan yang telah lama muncul pada era sekarang ini adalah banyak anak yang lupa bahkan tidak mengenal apa itu permainan tradisional.

“Dengan adanya program GoTrans mereka tidak hanya mengetahui saja, tetapi juga membuat olahraga tradisional dapat terus terjaga dan lestari sampai masa yang akan datang,” ujar Prof. Sapta Kunta.

GoTrans ini diikuti oleh delapan SD di kota Surakarta, yaitu SDN Gebang 224, SD Muhammadiyah 18 Surakarta, SDN 1 Baturan, SDN Kestalan Surakarta, SDN Nayu Barat 1 Surakarta, SDN Sawahan 2 Surakarta, SDN Pucangan 05, dan SDN Kasatriyan.

Masing-masing sekolah mengirimkan perwakilan tim untuk ikut dalam kompetisi olahraga tradisional. Sekolah-sekolah yang berpartisipasi mengapresiasi dan mendukung diadakannya kegiatan ini. Hal ini karena program GoTrans telah membantu memperkenalkan olahraga tradisional kepada para siswa.

Humas UNS

Reporter: R. P. Adji
Redaktur: Dwi Hastuti

Scroll to Top
Skip to content