Search
Close this search box.

Mahasiswa FT UNS Bawa Pulang Trofi Juara Geotechnical Competition di Civil Classical Fest 2024

UNS– Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil memperoleh juara 1 pada Geotechnical Competition di Civil Classical Fest 2024 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Tim yang diberi nama Semar Larry ini beranggotakan Abdul Aziz Kamal, Aditya Arif Febrianto, dan Imtinan Nurfauziyah. Keikutsertaan tim Semar Larry berawal dari rasa keingintahuan mereka untuk memecahkan permasalahan yang ada di dunia konstruksi, terutama permasalahan tanah lunak (bidang Geoteknik). Atas dasar itu, tim Semar Larry mendaftarkan untuk andil dalam perlombaan Geotechnical Competition Civil Classical Fest (GC CCF) UMY.

Lomba GC CCF adalah lomba bidang geoteknik yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sipil FT UMY dalam skala Nasional. Lomba ini mengangkat tema “Improving Tanah dengan Pengaplikasian Soil Preloading, PVD, dan PHD untuk Analisis Penurunan Konsolidasi Tanah”. Tema tersebut mendorong para mahasiswa untuk menuangkan gagasan dan inovasi dalam perbaikan tanah lunak. GC CCF UMY dilaksanakan dengan awalan pembuatan dan pengumpulan proposal dari 30 April 2024 – 27 Mei 2024. Adapun pengumuman finalis pada tanggal 3 Juni 2024 yang menyatakan tim Semar Larry, lolos untuk lanjut presentasi di UMY.

“Untuk melakukan analisis dan memecahkan masalah tanah lunak, kami menggunakan kombinasi preloading tanah, PVD, dan PHD untuk mempercepat proses pemampatan pada tanah tersebut. Ketiga kombinasi ini diperlukan karena proses pemampatan alami berlangsung selama ratusan tahun, dan penggunaan ketiga kombinasi tersebut membutuhkan waktu hanya 21 Minggu. Analisis dimulai dengan mempertimbangkan penurunan di wilayah tersebut dengan beban kerja, yaitu beban rumah (25 kPA). Selanjutnya, sesuai dengan SNI 8460 Tahun 2017 Tentang Persyaratan Perancangan Geoteknik, desain timbunan pelaksanaan tinggi dengan mempertimbangkan rasio tekanan. Selain itu, desain jarak dengan pola PVD dan PHD, dan penerapan instrumen geoteknik untuk memantau pergerakan tanah,” jelas Imtinan seperti dikutip dari ft.uns.ac.id, Kamis (11/7/2024).

Presentasi proposal dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2024 dengan sesi awarding pada malam harinya. Pada sesi awarding, Semar Larry dapat memenangkan Juara 1 dalam perlombaan GC CCF UMY Tahun 2024.

Dosen pembimbing dari tim Semar Larry adalah Dr. Ir. Galuh Chrismaningwang, S.T., M.T., yang merupakan dosen KBK Geoteknik FT UNS. Tim Semar Larry dibantu Dr. Ir. Galuh Chrismaningwang, S.T., M.T., dalam penyusunan proposal dan selalu memotivasi untuk memberikan yang terbaik. Informasi pemecahan kasus berdasarkan pengalaman dosen pembimbing dan kondisi riil lapangan diberikan dalam beberapa diskusi.

“Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu tim kami baik dari dosen pembimbing maupun rekan-rekan asisten. Dalam perlombaan ini kami mendapat banyak pengalaman berharga baik dari segi pemecahan masalah maupun manajemen waktu karena hampir bersamaan dengan pelaksanaan ujian akhir semester. Kami harap ke depan lebih banyak tim yang melanjutkan jejak berkompetisi di bidang geoteknik dan menorehkan prestasi,” pungkasnya. HUMAS UNS

Redaktur: Dwi Hastuti

Scroll to Top
Skip to content