Mahasiswa UNS

Mahasiswa UNS Raih Juara 1 Novice Champion Kode 2020

By 25 September 2020 No Comments

UNS – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dalam ajang Kalimantan Open Debate (Kode) 2020 yang diselenggarakan pada Sabtu – Minggu (19 – 20/9/2020).

Pada ajang ini, dua mahasiswa UNS yakni Sekar Khoiri Nismara dari Program Studi (Prodi) Teknik Sipil dan Steven Leonard dari Prodi Kedokteran berhasil menyabet juara 1 pada kategori Novice Champion dalam ajang Kode 2020. Selain itu, Sekar juga berhasil menjadi Novice Final Best Speaker pada ajang ini. Lomba debat bahasa Inggris ini, dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting. Perlombaan dimulai dari babak preliminary, dilanjutkan ke tahap eliminasi, hingga berakhir pada babak grand final.

Sekar mengaku, bahwa ia tidak menyangka dapat menjadi pemenang pada ajang Kode 2020 ini.
“Aku dan Steven masih pemula di bidang debat varsity, jadi kami masih banyak kekurangan dan perlu banyak belajar, melalui lomba inilah menjadi media kami untuk belajar. Kami tidak menyangka bisa jadi novice champion di lomba ini, karena ekspektasi kami adalah menambah pengalaman dan exposure debate varsity,” tutur Sekar saat dihubungi tim uns.ac.id pada Kamis (24/9/2020).

Di bawah bimbingan Wuji Anggraini, S.S., M.Pd., Sekar dan Steven mengikuti Kode 2020 sebagai ajang latihan dan persiapan menuju National University Debating Championship (NUDC) sebagai perwakilan dari UNS.
“Persiapan kami bertahap, karena memang tim kami terbentuk di akhir Juli sebagai representatif UNS di NUDC,” ungkap Sekar.

Pada ajang Kode 2020 ini, Sekar dan Steven bertemu lawan debat dari seluruh Indonesia. Di situ, mereka banyak belajar bagaimana cara membangun argumen yang baik dan cara yang tepat dalam berdebat. Selain itu, mereka juga turut aktif dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Student English Forum (SEF) yang berfokus pada pengajaran public speaking dan juga debat. Disitu, Sekar dan Steven juga banyak belajar di dalam SEF. Sekar berharap, ia dan Steven mampu berusaha secara maksimal pada ajang NUDC dan lebih berkembang sebagai seorang debater.
Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply