UNS — Laboratorium Kewirausahaan (KWU) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Pelatihan Startup Kewirausahaan secara luring dan daring, Kamis (14/10/2021).

Pelatihan Startup Kewirausahaan digelar untuk membekali mahasiswa FEB UNS dengan kemampuan mendirikan dan mengelola startup baru. Hal ini tentunya sesuai dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) UNS.

Ketua Laboratorium Kewirausahaan (KWU) FEB UNS Prof. Asri Laksmi Riani menerangkan, Pelatihan Startup Kewirausahaan yang digelar oleh pihaknya akan berlangsung hingga bulan November mendatang.

“Ini kami gelar secara luring di kelas 2202 dan 2203 serta daring melalui Zoom Cloud Meeting. Aktivitas dimulai dengan perekrutan pelatihan KWU dari dosen FEB perprogram studi,” ujar Prof. Asri Laksmi Riani.

Ia mengatakan, setelah kegiatan tersebut digelar, Laboratorium KWU UNS langsung menyelenggarakan Training Of Trainer (ToT) dengan mengundang sejumlah narasumber.

“Setelah itu, kami juga melakukan penyusunan modul, pelaksanaan pelatihan, penyusunan proposal bisnis, presentasi, pendampingan, dan evaluasi,” tambahnya.

Dalam Pelatihan Startup Kewirausahaan, Laboratorium KWU UNS menyiapkan 18 instruktur dan 8 Tenaga Kependidikan (Tendik). Sedangkan, untuk mahasiswa yang mengikuti pelatihan berjumlah 29 orang.

Jumlah tersebut terbagi atas 24 mahasiswa yang mengikuti Pelatihan Startup Kewirausahaan secara luring dan 5 lainnya hadir secara daring. Laboratorium KWU FEB UNS kemudian membagi mahasiswa menjadi 6 kelompok.

Bekali Mahasiswa dengan Kemampuan Startup Wirausaha, FEB UNS Gelar Pelatihan

Selanjutnya, Laboratorium KWU FEB UNS menyiapkan 3 bidang usaha kepada 6 kelompok mahasiswa yang telah dibagi, yang terdiri dari fesyen, kuliner, dan kriya.

“Berharapnya terdapat beberapa mahasiswa yang melakukan rintisan usaha baru dan kegiatan ini merupakan pilot project bagi kegiatan yang akan datang,” ungkap Prof. Asri Laksmi Riani.

Pelatihan Startup Kewirausahaan Mendapat Pujian

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNS Drs. Rohman Agus Pratomo menyambut baik Pelatihan Startup Kewirausahaan yang digelar oleh Laboratorium KWU FEB UNS.

Ia mengutarakan, Pelatihan Startup Kewirausahaan dapat mendorong mahasiswa untuk berani berkompetisi, baik di tingkat universitas maupun nasional.

Baginya, dengan Pelatihan Startup Kewirausahaan mahasiswa juga dapat dilatih untuk berani membuka usaha. Sehingga, jika sudah lulus kelak mereka dapat menjadi job creator bukan job seeker.

“Aktivitas KWU dirintis mulai dari sekarang, tahun depan mahasiswa ikut kompetisi di universitas, dan juga ke tingkat nasional. Perencanaan bisnisnya dibuat yang keren, diimplementasikan dan dikembangkan. Sehingga bisa menggandeng kawan, tetangga, dan seterusnya. Hal ini juga tentunya akan membanggakan institusi tempat belajar,” tutur Drs. Rohman Agus Pratomo.

Sependapat dengan yang disampaikan Drs. Rohman Agus Pratomo, Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FEB UNS Prof. Izza Mafruhah juga mengapresiasi Pelatihan Startup Kewirausahaan tersebut.

Dalam sambutannya sebelum acara, Prof. Izza Mafruhah mengatakan UNS memang berkomitmen untuk mendorong lulusannya agar mendapatkan pekerjaan yang layak.

Selain itu, dengan berbagai kegiatan yang digelar –termasuk melalui Pelatihan Startup Kewirausahaan- ia juga ingin mahasiswa dapat memanfaatkan ilmu yang didapat dengan berwirausaha atau melanjutkan studi.

Bekali Mahasiswa dengan Kemampuan Startup Wirausaha, FEB UNS Gelar Pelatihan

“Perguruan tinggi mendapatkan 8 tugas untuk pencapaian IKU, diantaranya adalah lulusan yang mendapatkan pekerjaan yang layak atau berwirausaha atau melanjutkan studi. Dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), salah satu programnya adalah KWU agar mahasiswa menjadi lulusan yang menciptakan lapangan kerja,” kata Prof. Izza Mafruhah. Humas UNS

Reporter: Yefta Christopherus AS
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Segera Buka Kampus Baru di Jakarta, inilah Prodi yang Dipersiapkan UNS

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terus memperluas jaringan kampus cabangnya di...

Bangun Personal Branding di Era Digital, Himasos FISIP UNS Gelar Webinar Nasional

UNS --- Kemampuan menulis yang diikuti dengan kemampuan mendesain menjadi bekal yang menguntungkan...

UNS Berangkatkan Satgas Bencana Semeru, ini Misi yang Dibawa

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberangkatkan Satuan Tugas (Satgas) Bencana...

Sah, Dirut PT. Hutama Karya Kembali Terpilih sebagai Ketum IKA UNS

UNS --- Direktur Utama (Dirut) PT. Hutama Karya Ir. Budi Harto, M.M. kembali terpilih sebagai...

Buka Munas V IKA UNS, Rektor UNS: Banggalah jadi Alumni UNS

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Jamal Wiwoho membuka...

Beri Kuliah Umum di FH UNS, Hakim MK: Jangan Pernah Perjualbelikan Hukum

UNS --- Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) RI Prof. Arief Hidayat mewanti-wanti mahasiswa Fakultas...

Kepala Desa Tawangsari, Karanganyar Raih Piala Bergilir MK dalam Lomba Pidato Konstitusi Lurah di UNS

UNS --- Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya di Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya Resmi Ditutup

UNS --- Gelaran Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya yang diinisiasi oleh...

Bahas Kebijakan Fiskal dalam Pemulihan Ekonomi Nasional, FEB UNS Gelar Webinar

UNS --- Fakultasi Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar...

Tim PHP2D FEB UNS dan PKK Desa Gondosuli, Tawangmangu Kreasikan Wortel Jadi Aneka Makanan

UNS --- Wortel merupakan salah satu potensi alam yang dimiliki oleh Desa Gondosuli, Kecamatan...