Berita Terkini

Bukan Almamater dan IPK, Inilah Penentu Kesuksesan di Dunia Kerja

By 13 December 2018 No Comments

UNS – Komisaris Utama PT. KHI Pipe Industries Ir. Dadang Danusiri membeberkan kunci sukses menghadapi dunia kerja. Alumnus Teknik Industri ITB itu mengatakan almamater dan IPK tinggi tidak terlalu berpengaruh dalam proses melamar pekerjaan.

“Banyak perusahaan memang sering open recruitment di kampus terkenal, karena mereka yakin SDM-nya di sana baik. ¬†Tapi pengaruh almamater tidak begitu dominan. Almamater mungkin hanya sekitar 50 persen,” ungkapnya dalam Kuliah Umum Profesi Teknik Industri, Ruang Seminar Utama Fakultas Teknik UNS, Rabu (12/12/2018).

Dandang beranggapan, almamater hanya memiliki pengaruh cukup besar apabila banyak pemegang keputusan dalam perusahaan tersebut yang berasal dari almamater yang sama dengan si pelamar. Namun selebihnya, para pelamar akan dinilai dari aspek hard skill dan soft skill.

Di dunia kerja, lanjut Dadang, kecerdasan juga bukan penentu utama seseorang meraih kesuksesan. “Menurut penelitian, IQ menempati urutan ke-21 dalam daftar penentu kesuksesan seseorang. Sementara IPK atau nilai berada di posisi ke-30,” tutur Dadang di hadapan mahasiswa.

Ia lantas menekankan betapa pentingnya para lulusan perguruan tinggi untuk memiliki keterampilan mengelola diri dan orang lain. Karena hal tersebut adalah penentu kesuksesan seseorang yang paling teratas.

“Kunci sukses dari penelitian yang pertama yaitu jujur. Karena kalau tidak jujur, dia tidak akan dipercaya oleh atasan maupun rekan kerjanya. Kemudian disiplin, miliki kemampuan bergaul dengan orang lain, memiliki kepemimpinan yang baik, bekerja lebih keras dari yang lain dan mencintai apa yang dikerjakan,” jelasnya.

Dadang melanjutkan, semakin tinggi posisi seseorang dalam organisasi, semakin tinggi pula tuntutan soft skill-nya. Misalnya, dia harus berinteraksi dengan banyak orang, mengambil keputusan penting, kerja sama dan menentukan prioritas.

Dadang lantas menyarankan para mahasiswa agar melatih kemampuan soft skill mereka sejak duduk di bangku kuliah. Harapannya setelah lulus, mereka bisa langsung mengaplikasikan dalam dunia kerja dan memiliki prospek karir yang kian gemilang. Humas UNS

Leave a Reply