Berita Terkini

Cintai Kesenian, Satu Dekade Sudah UNS Adakan Art Edu Care

By 13 April 2019 No Comments

UNS – Tepat satu dekade, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, khususnya Prodi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mengadakan gelaran karya seni, Art Edu Care. Acara rutin tahunan yang kali kesepuluh digelar ini diadakan di Taman Budaya Jawa Tengah, Kamis-Senin, (11-15 April 2019).

Art Edu Care #10 ini mengangkat tema “For Public and Republic”. Tema tersebut ingin mengembalikan kembali esensi seni, seni merupakan sesuatu yang dekat  dengan masyarakat sehingga tidak lepas dari masyarakat bahkan terus melekat. Harapannya seni yang berasal dari masyarakat pada akhirnya akan kembali pada masyarakat.

Adam Wahida selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa selama ini  Art Edu Care sudah bekerja menggunakan kesenian untuk memperdayakan publik dan masyarakat. Momentum satu dekade terselenggaranya Art Edu Care dengan mengambil tema For Public and Re-public  ini digunakan sebagai bahan refleksi sekaligus meminta respon masyarakat apakah berdampak bagi masyarakat atau hanya sekadar rutinitas.

Perbedaan penyelenggaraan Art Edu Care tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya adalah fokus, karena tahun ini bicara tentang arsip sebagai refleksi dengan menghadirkan arsip atau artefak yang sudah ada untuk dikaji ulang. Berkaitan dengan arsip, untuk mendapatkan arsip sebagai bahan pameran arsip, UNS bekerjasama dengan beberapa mahasiswa  dari UTM Malaka, UMS Sabah Malaysia, Universitas Brunei Darussalam, dan Australia Nasional University, dan universitas yang dulunya IKIP seperti UNJ, UNY, UNNES, UM, UNESA, dan sebagainya.

Keberlangsungan acara Art Edu Care, sejak awal hingga tahun kesepuluh ini didukung penuh oleh pihak dekanat FKIPUNS.

“Karya termasuk karya seni itu harus ditunjukkan kepada publik, pameran merupakan bagian dari proses pengenaalan karya seseorang kepada publik agar seseorang bisa mengetahui, menjiwai dan memberikan apresiasi,” ujar Prof. Joko Nur Kamto selaku Dekan FKIP UNS.

Ia menambahkan, dengan pengalaman 10 tahun menyelenggarakan Art Edu Care, maka ke depan harus lebih ditingkatkan agar respon masyarakat meningkat dan membawa nama baik UNS khususnya Pendidikan Seni Rupa UNS.

Adapun, karya yang dipamerkan antara lain gambar, lukisan, seni tekstil, fotografi ,video, patung, dan medium ekspresi seni rupa lainnya.

“Ke depan pameran ini akan terus diadakan karena civitas akademika Prodi Pendidikan Seni Rupa memiliki misi bersama, yakni menjadikan manusia seutuhnya melalui kesenian dan memanusiakan manusia melalui cara-cara kesenian,” tutup Adam. HUMAS UNS/ ISNA

Leave a Reply