Berita TerkiniDies Natalis UNS ke-44

Dies Natalis ke-44, UNS Komitmen Lakukan Akselerasi Reorientasi Pembelajaran 4.0 untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa

By 17 February 2020 February 18th, 2020 No Comments

UNS – Dalam rangka Dies Natalis ke-44, UNS Komitmen Lakukan Akselerasi Reorientasi Pembelajaran 4.0 untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa Natalis ke-44, UNS menggelar rangkaian kegiatan dengan tema `Akselerasi Reorientasi Pembelajaran 4.0 Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa`. Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengatakan, tema tersebut mengandung makna bahwa segenap sivitas akademika UNS mempunyai komitmen bersama untuk mengembangkan reorientasi pembelajaran 4.0 untuk meningkatkan daya saing bangsa melalui inovasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Diharapkan tema Dies Natalis ke-44 tahun 2020 ini dapat memberikan spirit kepada sivitas akademika untuk segera beradaptasi dan memiliki fleksibilitas dalam mewujudkan sistem pembelajaran di perguruan tinggi yang sesuai dengan tuntutan industri dan perekonomian dunia. Sekaligus untuk mewujudkan UNS sebagai World Class University (WCU),” kata Prof. Jamal.

Sementara itu, Ketua Panitia Dies Natalis ke-44 UNS, Prof. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani mengatakan bahwa rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-44 ini dibagi dalam 4 kategori kegiatan utama, yaitu Bidang Pengabdian Masyarakat, Bidang Kegiatan Ilmiah, Bidang Kegiatan Olahraga, Seni dan Budaya serta Bidang Kegiatan Seremonial Dies Natalis ke-44 UNS.

Puncak kegiatan Dies Natalis ke-44 akan dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2020 di Auditorium G. P. H Haryo Mataram UNS dengan agenda Sidang Senat Terbuka Dies Natalis. Pada kegiatan ini akan dianugerahkan penghargaan UNS Award kepada Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin (Wakil Presiden RI) atas jasanya dalam bidang ekonomi syariah dan Anugerah Seni kepada Waldjinah. Pada sidang senat juga akan disampaikan Orasi Ilmiah oleh Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Bambang P.S. Brojonegoro. Sivitas akademika UNS yang hadir dalam Sidang Senat Terbuka ini akan mengenakan pakaian adat nusantara,” ujar Prof. Ayu dalam Jumpa Pers yang diselenggarakan di UNS Inn, Senin (17/2/2020)

Dalam puncak kegiatan Dies Natalis ke-44 UNS tersebut, turut dihadiri oleh perwakilan perguruan tinggi baik dari dalam dan luar negeri. Tamu yang hadir antara lain yaitu Prof. Ari Kuncoro dari Universitas Indonesia, Prof. Panut dari UGM, Prof. Runtung Sitepu dari USU, Prof. Nur Hasan dari Universitas Negeri Surabaya, Prof. Ganepri dari UNP Padang, Prof. Mas Jaya dari Universitas Mulawarman dan lain-lain. Sedangkan tamu dari luar negeri yang akan hadir yaitu Vice President for Coorperation Universite de Limoges France, Prof. Celine Meslier, Dean Faculty of Economics and Management Universitas Putra Malaysia, Prof. Azali Mohammed, dari Universitas da Paz Timor Leste diwakili oleh Pro Rektor Urusan Dalam dan Luar Negeri, Luis Pereira Cardoso dan Leonardo B.B Amaral yang merupakan dosen di universitas tersebut. Kemudian dari MIHO Institute of Aesthetics, Japan diwakili oleh Charged in Job Placement Department dan Profesor Emeritus, Prof. Masakatsu, dari Kokushikan University, Japan diwakili oleh Director of International Center dan Vice Director of International Center.

Prof. Ayu menambahkan, dalam peringatan Dies Natalis tahun ini, UNS juga akan memberikan penghargaan kepada 64 orang Doktor baru serta 12 alumni berprestasi dari masing-masing fakultas yang ada di UNS. Alumni tersebut dipilih melalui seleksi dan dinilai memiliki prestasi di bidangnya dan layak untuk memperoleh penghargaan.

Dalam Dies Natalis ke-44 ini, UNS akan menerjunkan dosen, mahasiswa dan alumni dalam kegiatan UNS Mengajar Indonesia. Penanggungjawab UNS Mengajar Indonesia, Dr. Djono mengatakan, UNS Mengajar Indonesia adalah kegiatan mengajar yang dilakukan oleh semua dosen berjumlah 1.600, mahasiswa UNS yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebanyak 1.700 mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) serta alumni yang tersebar di seluruh Nusantara bekerjasama dengan IKA UNS. Untuk waktunya yaitu di bulan Februari bagi mahasiswa KKN dan DPL, serta dosen dan alumni selama bulan Februari – Maret 2020. lokasi mengajar juga ada yang ke luar negeri mengingat mahasiswa KKN UNS ada yang di Malaysia.

“Kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian dan komitmen UNS untuk memajukan pendidikan dan peningkatan SDM bangsa yang unggul. Untuk tema kegiatan UNS Mengajar adalah ‘Peningkatan Daya Saing Bangsa melalui Kualitas SDM Unggul Berdasar Pancasila’. Setiap dosen dan mahasiswa serta alumni yang mengajar mendokumentasikan kegiatannya dalam bentuk video dengan durasi sekitar 2 menit,” kata Dr. Djono.

Kegiatan Dies Natalis ke-44 UNS lainnya diantaranya akan dilakukan event Lomba Pidato Konstitusi antar 7.809 Kepala Desa/ Lurah se-Jawa Tengah, Lari Marathon UNS 11 K pada 8 Maret, Detikcom Goes to Campus pada 4-5 Maret, Upacara Peringatan Dies Natalis ke-44 pada 10 Maret, Penanaman Pohon Guru Besar Baru pada 10 Maret, Khataman Quran pada 12 Maret, Jalan Sehat pada 14 Maret, Sebelas Maret Investment Festival pada 11 April, Khitan Massal pada 27 Juni, seminar nasional dan internasional dari berbagai fakultas dan masih banyak kegiatan lainnya. Humas UNS/Ratri

Leave a Reply