UNS – Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret (FIB UNS) Surakarta berkesempatan tampil dalam acara Cultural Festival 2017 di Universitas Utara Malaysia (UUM), Sabtu (7/10/2017) sampai Rabu (11/10/2017).

UUM Cultural Festival merupakan ajang festival seni tradisi perguruan tinggi tingkat Asia. Pada kesempatan ini FIB UNS akan menampilkan 3 konser musik seni tradisi daerah, yakni konser Gatra Mustika Nusatarara, konser Kalatida, serta tari Lepas Bambangan Cakil.

Menurut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIB UNS Supardjo, Konser Gatra Mustika Nusantara meggambarkan keprihatinan generasi muda terhadap kehidupan seni tradisi, yang selama ini kurang mendapat perhatian pemerintah.

Sementara Konser Kalatida merupakan gambaran kondisi zaman yang tidak menentu, banyak pemimpin Negara yang tidak dapat dijadikan panutan.

Selanjutnya tari Lepas Bambangan Cakil menggambarkan bahwa hawa nafsu angkara selalu dapat dikalahkan oleh kebaikan.

Dalam ajang ini, FIB memberikan kesempatan kepada 12 mahasiswa untuk dapat mengembangkan diri.

“Mahasiswa memiliki posisi yang amat penting di perguruan tinggi, maka mereka harus diberikan kesempatan mengembangkan dirinya untuk meraih prestasi di bidang akademik maupun nonakademik,” ungkap Supardjo. humas-red.uns/Ref/Eln