UNS–Dalam rangka peringatan Dies Natalis Ke-44 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Fakultas Pertanian (FP) UNS menyelenggarakan Seminar Nasional yang dilakukan secara daring pada Sabtu ( 22/7/2020) dengan tema “Strategi Ketahanan Pangan Masa New Normal Covid-19”.

Seminar dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNS, Prof. Dr.rer.nat Sajidan. Dalam sambutannya Prof. Sajidan mengatakan bahwa strategi ketahanan pangan sangatlah penting menjaga jaminan ketersediaan pangan pada era kondisi normal dan apalagi dalam kondisi pandemi saat ini. Dia menambahkan bahwa ketersediaan pangan erat kaitannya dengan kestabilan bernegara. Oleh karena itu, UNS selalu berkomitmen untuk mendorong percepatan tercapainya ketahanan pangan nasional melalui berbagai kegiatan akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Seminar ini merupakan bentuk diseminasi kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan dan teknologi pertanian, sebagai sarana untuk bertukar informasi dan pemikiran sekaligus membangun kerjasama antar pemangku kepentingan demi terwujudnya ketahanan pangan di Indonesia.

Ketua Dies Natalis di Fakultas Pertanian UNS, Dr. Joko Riyanto mengatakan bahwa acara seminar nasional ini sebenarnya merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di FP UNS untuk menyambut Dies Natalis UNS ke-44. Dia menambahkan, sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan lain yaitu jalan sehat dan family gathering keluarga besar Fakultas Pertanian UNS awal Maret lalu.

Kemudian, ketua pelaksana Seminar Nasional, Dr. Dimas Rahadian Aji Muhammad menambahkan bahwa acara seminar nasional ini dilaksanakan secara daring karena mempertimbangkan kondisi wabah Covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini. Sebenarnya kegiatan seminar ini dirancang untuk dapat dilaksanakan pada bulan April lalu dengan tema “Agro-Maritim Terpadu dan Berkelanjutan untuk Menjaga Ketahanan Pangan Nasional”. Namun, karena kondisi wabah, maka seminar ditunda pelaksanaannya dan dilaksanakan secara daring tanpa mengurangi substansi seminar.

Dalam seminar nasional ini dihadirkan empat narasumber pembicara yang berasal dari kalangan akademisi, yaitu Prof. Dr. Sc. Agr. Suyadi (Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Peternakan Indonesia), Dr. Luky Adrianto (Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia), Dr. Jamhari (Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia), dan Prof. Dr. Samanhudi, (Dekan Fakultas Pertanian UNS). Keempat pembicara tersebut merupakan pembicara utama yang membahas strategi atau upaya yang dapat dilakukan oleh bidang agrokompleks (peternakan, perikanan, dan pertanian) untuk mencapai ketahanan pangan terutama di masa dan pasca Covid-19 ini serta bagaimana tantangan dan strategi universitas sebagai lembaga pendidikan pertanian untuk dapat berperan aktif dalam menopang ketahanan pangan.

Prof. Suntoro mengatakan bahwa seminar ini akan menjadi awal gagasan berdirinya Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Agrokomplek Indonesia, yang meliputi bidang pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan, dan teknologi pertanian.

Seminar ini dihadiri oleh ratusan peserta yang bertindak selaku pemakalah yang mempresentasikan hasil penelitian atau pengabdian masyarakat, baik dari kalangan perguruan tinggi dan badan penelitian dari seluruh Indonesia. Dalam seminar makalah yang dipresentasikan dapat dikelompokkan menjadi 8 sub tema yaitu sumberdaya lahan dan air, sumberdaya manusia dan kelembagaan, sumberdaya peternakan, sosial ekonomi pertanian, keamanan dan ketahanan pangan, teknologi produksi tanaman dan pasca panen, pengelolaan organisme pengganggu tanaman, serta sumberdaya hutan dan ekowisata. Masyakarat umum dapat mengikuti pelaksanaan seminar ini melalui Youtube Fakultas Pertanian UNS. Humas UNS

Reporter: Ratri Hapsari
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

UNS Tanda Tangani Nota Kesepahaman dengan MASTEL

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menandatangani nota kesepahaman dengan...

Tidak Mau Tinggal Diam, IKA UNS Terus Salurkan Bantuan kepada Masyarakat Selama Pandemi

UNS --- Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak henti-hentinya...

Lakukan Pendampingan ABK Saat Isolasi Mandiri? Simak Penjelasan Dokter Anak RS UNS Ini

UNS --- Berkesempatan menjadi pemateri dalam acara Webinar Pendampingan Anak dengan Disabilitas di...

Pendaftaran S2 dan S3 Pascasarjana UNS Periode I Gelombang ke-2 Masih Dibuka

UNS --- Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta masih membuka pendaftaran...

Kine Klub FISIP UNS Selenggarakan Pemutaran Kecil

UNS --- Kine Klub Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Wedangan IKA UNS: Ketua OJK Bicara Tekad Pemerintah Wujudkan Herd Immunity

UNS --- Ketua Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI Prof. Wimboh Santoso...

PSB UNS Selenggarakan Diskusi Online Terkait Manajemen Logistik Kebencanaan

UNS --- Pusat Studi Bencana (PSB) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas...

Jubir Satgas Covid-19 RS UNS: Indonesia Ada di Gelombang Ketiga Covid-19

UNS --- Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas...

CT Value Menunjukkan Tingkat Keparahan Covid-19? Inilah Jawaban Dokter Spesialis Patologi Klinis RS UNS

UNS --- Tes Polymerase Chain Reaction (PCR) merupakan cara yang dinilai paling akurat untuk...

Usung Kerajinan Line Art dari Limbah Kain Perca Batik, Mahasiswa UNS Raih Juara 3 Lomba Esai Nasional

UNS --- Prestasi membanggakan kembali hadir dari mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS)...