Ikatan Penerima Beasiswa LPDP UNS Selenggarakan Talkshow Beasiswa LPDP 2021

Ikatan Penerima Beasiswa LPDP UNS Selenggarakan Talkshow Beasiswa LPDP 2021

UNS — Ikatan Penerima Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kelurahan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sukses menyelenggarakan Talkshow Beasiswa LPDP 2021 pada Sabtu (3/7/2021). Talkshow tersebut digelar dengan tujuan menyosialisasikan sekaligus memberikan tips dan trik bagi masyarakat untuk dapat menembus salah satu beasiswa prestisius di negeri ini.

Talkshow ini merupakan seri pemungkas dari program Sosialisasi Beasiswa LPDP UNS. Seri pertama program ini berbentuk webinar dengan mengangkat tajuk “Kiat Sukses Menyusun Personal Statement dan Esai Kontribusi untuk Indonesia”. Ketua Ikatan Penerima Beasiswa LPDP UNS, Danan Tricahyono, S.Pd. mengaku senang dengan antusiasme para peserta.

” Saya sangat senang dengan antusiasme peserta yang mengikuti acara ini. Talkshow ini adalah seri kedua sekaligus terakhir di tahun ini. Seri pertama sudah diselenggarakan 1 Juni lalu,” tuturnya.

Dalam acara berkuota 450 peserta tersebut hadir sebagai pemateri Tim Manajemen Alumni dan Talenta LPDP, Mohammad Kamiluddin, serta dua alumni penerima beasiswa LPDP. Kedua alumni penerima beasiswa LPDP yakni Aan Khosihan, S.Pd., M.Sos. dan Dian Rachmatika, S.Pd., M.A.

Kamiluddin menyampaikan syarat-syarat serta tahapan beasiswa LPDP. Kamiluddin membedah secara tuntas apa saja yang perlu disiapkan para calon pendaftar beasiswa LPDP. Beliau juga memberikan saran serta motivasi supaya para peserta optimistis mampu lolos beasiswa LPDP.

“Berikanlah usaha terbaik. Jika jalan kalian memang di LPDP, insya Allah kalian lolos. Jika memang tidak di sini, pasti ada jalan terbaik lain untuk kalian,” ucap Kamil.

Sementara itu, narasumber Aan menyampaikan tips dan trik wawancara berdasarkan pengalamannya. Lulusan jurusan Sosiologi UNS tersebut membeberkan apa yang perlu disiapkan sebelum hari wawancara, saat hari wawancara, dan pascawawancara. Aan juga menyampaikan lika-liku yang dia hadapi selama mendaftar LPDP dengan tujuan Dalam Negeri.

Narasumber ketiga, Dian Rachmatika juga membeberkan kiat suksesnya dapat meraih beasiswa LPDP untuk studi magisternya di University of Southampton, Inggris. Youtuber yang lebih dikenal dengan nama Dira tersebut menyampaikan “7 Ways to Make Your Interview Outstanding”. Dira mengatakan riset sangat diperlukan bagi para calon pendaftar saat menulis esai hingga proses seleksi wawancara.

Paparan para narasumber sangat mengundang atensi peserta. Hal ini terbukti dari aktifnya peserta dalam bertanya pada sesi tanya jawab. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content