UNS – Forum Mahasiswa Muslim Pascasarjana (FOMMPAS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan kajian penelitian dan publikasi bertajuk “Penulisan dan Publikasi Skripsi Tesis Disertasi Menuju Journal Ilmiah Terakreditasi” pada Rabu (19/4/2017). Kajian ini menghadirkan dua pembicara yakni Sugiono yang merupakan penulis berbagai buku metode penelitian dan Kundharu Saddhono yang memiliki high-rank di Webometrics Citation Index. Acara yang bertempat di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ini sekaligus membuka  Sekolah Ilmiah yang dinisiasi oleh FOMMPAS yang baru diselenggarakan tahun ini.

Firmansyah, ketua umum FOMMPAS, menyampaikan dalam sambutannya bahwa diharapkan kajian ini dapat menjawab pertanyaan seputar penelitian yang akan atau sedang dilakukan oleh para peserta. Ia menambahkan bahwa Journal Preparation ini merupakan bagian dari Sekolah Ilmiah yang ditujukan bagi seluruh  mahasiswa UNS untuk mengembangkan potensi dan kapabilitas keilmiahan mereka. Hal tersebut disampaikan pula oleh Mohammad Furqon Hidayatullah selaku Direktur Pascasarjana yang sekaligus membuka Sekolah Ilmiah secara resmi pada acara tersebut.

Kajian penulisan dan publikasi karya ilmiah oleh FOMMPAS pada Rabu (19/4/2017)

Dalam pemaparannya, Sugiyono menggarisbawahi tentang cara mudah memahami metode penelitian yang dimulai dengan pengkategorian penelitian berdasarkan metodenya. Lebih lanjut, ia juga memaparkan cara penyusunan penelitian baik skripsi, tesis, maupun disertasi.

“Metode penelitian harus dipahami oleh peneliti dari segala jenis jenjang pendidikan. Untuk S-1 tujuan penelitian adalah untuk mengaplikasikan ilmu, S-2 untuk mengembangkan ilmu sedangkan S-3 untuk menemukan ilmu,” lanjutnya.

Prof. Sugiyono sedang memaparkan materi seputar metode penelitian

Sedangkan Kundharu lebih menyoroti tentang tips dan trik publikasi penelitian yang meliputi cara memilih konferensi dan jurnal terakreditasi, proses pengiriman karya ilmiah hingga proses review. Selain itu, ia juga memberikan arahan pada peserta agar berhati-hati pada predatory journal oleh karena itu proses pemilihan jurnal harus diperhatikan sejak awal.

“Sebaiknya kita paham jurnal dan konferensi terakreditasi yang sesuai dengan bidang studi masing-masing. Pembuatan daftar jurnal dan konferensi memudahkan kita untuk pengumpulan manuscript yang telah atau akan dibuat,” tutup dosen S-3 Pascasarjana UNS tersebut yang sekaligus mengakhiri kajian. humas-red.uns/Dty