UNS – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) menggelar Diskusi “Bunyi Merdeka” di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS), Rabu (6/9/2017). Diskusi yang digelar ini dalam rangka mensosialisasikan lagu Indonesia Raya 3 stanza kepada masyarakat.

Kegiatan diskusi ini dihadiri oleh Restu Gunawan (Direktur Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud), Miftah C. Zubir (Kepala Perum Percetakan Negara Republik Indonesia Cabang Solo), dan Akhmad Romadhon (dosen FISIP UNS).

Restu Gunawan menyatakan bahwa sosialisasi ini merupakan langkah lanjutan setelah perekaman Indonesia Raya sesuai standar. Ia mengatakan, tutorial Indonesia versi ini merupakan sebuah program sosialisasi oleh pemerintah yang baru digelar pertama kali.

“Sosialisasi ini diharapkan bisa menyebarluaskan Indonesia Raya versi 3 stanza yang sesuai standar baku,” jelasnya.

Di samping itu, Miftah C Zubir menjelaskan bahwa salah satu kegiatan yang dilakukan pada sosialisasi ini adalah mendengarkan rekaman lagu Indonesia Raya versi baku.

“Lagu ini nanti akan didistribusikan secara meluas ke masyarakat di seluruh penjuru nusantara,” tutupnya. humas-red.uns/Can/Dty