Mahasiswa Internasional UNS ikuti Hi Java Cultural Course 2019

UNS – International Office Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan studi budaya untuk mahasiswa internasional. Program tersebut mengambil nama Hi Java Cultural Course  2019. Hi Java Cultural Course merupakan program dua minggu bagi mereka yang memiliki pemahaman terbatas atau belum mengenal kebudayaandan Bahasa Indonesia dan Jawa.

Humas International Office UNS, Yudi Sastroredjo mengatakan, program ini bertujuan untuk memperkenalkan bahasa, budaya dan kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya Jawa kepada mahasiswa dari seluruh dunia untuk membantu mereka memahami mengenai Indonesia dan keragamannya. 

“Pada tahun 2019, Hi Java Cultural Course diselenggarakan pada tanggal 5 hingga 17 Agustus 2019. Program ini merupakan yang kelima kalinya diselenggarakan oleh International Office UNS,” terang Yudi, Rabu (7/8/2019).

Program ini akan diselenggarakan dalam Bahasa Inggris. Hi Java Cultural Courseakan dikemas dengan mengkombinasikan pembelajaran di kelas dipagi haridengan fieldtrip atau studi lapangan disiang harinya. Materi dalam program ini didesain untuk mahasiswa internasional yang membutuhkan informasi dasar atau umum mengenai kebudayaan Indonesia dan Jawa. Hasil dari prosespembelajaran ini dapat bermanfaat untuk berbagai hal baik untuk alasan akademis maupun untuk alasan yang bersifat professional. Hi Java Cultural Course diselenggarakan di Surakarta dan sekitarnya dimana peserta akan diajak untuk mengunjungi beberapa situs budaya, sehingga peserta dapat belajar dengan menyenangkan.

Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai sejarahsingkat, masyarakat, bahasa dan seni budaya Jawa dan Indonesia. Program HiJava tahun ini diikuti oleh 6 peserta yang merupakan mahasiswa aktif dari beberapa negara yang tertarik dengan masyarakat, bahasa, kesenian,dan Kebudayaan Indonesia, khususnya Jawa. Keenam peserta tersebut berasal dari 3negara, yaitu Jepang, Taiwan dan Kanada. Humas UNS/ Dwi

Skip to content