Search
Close this search box.

Mahasiswa UNS Borong Penghargaan dalam Ajang Duta Genre Kabupaten Sukoharjo 2023

UNS – Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali sukses meraih prestasi yang membanggakan. Kali ini, prestasi membanggakan tersebut dipersembahkan oleh tujuh mahasiswa UNS yang berhasil meraih beberapa penghargaan di ajang pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Sukoharjo 2023.

Ketujuh mahasiswa UNS tersebut, yakni Salsabila Rahma Putri mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Penddikan (FKIP) UNS yang meraih Juara 1 Duta Genre Kabupaten Sukoharjo 2023, Najwa Fitria Mulyasari mahasiswa Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum (FH) UNS yang meraih Juara 2 Duta Genre Kabupaten Sukoharjo 2023, Irma Mas Qorimah mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian (FP) yang meraih Juara Harapan 1 Putri Duta Genre Kabupaten Sukoharjo 2023, Fatihah Asy Syifa dari Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik (FT) UNS yang meraih Juara Influencer Putri Duta Genre Kabupaten Sukoharjo 2023, Alexander Fanky Carelino mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) yang meraih Juara Influencer Putra Duta Genre Kabupaten Sukoharjo 2023, Dyah Ayu Nur Pitasari dari Prodi D-3 Teknik Kimia Sekolah Vokasi (SV) UNS yang terpilih menjadi Top 10 Finalis Duta Genre Kabupaten Sukoharjo 2023, dan Setia Purwati mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP UNS yang juga terpilih menjadi Top 10 Finalis Duta Genre Kabupaten Sukoharjo 2023.

Salsabila Rahma Putri yang dinobatkan menjadi Juara 1 Duta Genre Kabupaten Sukoharjo mengaku senang dan bangga atas raihannya. “Saya tidak pernah menyangka sama sekali bisa mendapatkan Juara 1. Namun, di sisi lain, tentu saya sangat bangga pada diri saya sendiri dan bersyukur,” ujar Salsa saat diwawancarai oleh uns.ac.id, pada Senin (29/5/2023).

Hal senada juga diungkapkan oleh Najwa Fitria Mulyasari yang meraih Juara 2 Duta Genre Kabupaten Sukoharjo 2023. Najwa mengatakan sangat bersyukur terlebih ajang Duta Genre ini baru pertama kali dirinya ikuti. “Tetapi melalui ajang tersebut saya bisa mendapatkan banyak pengalaman, teman baru, ilmu baru, dan terkhusus hal yang paling membahagiakan adalah saya bisa membanggakan orang tua saya,” ungkap Najwa.

Seperti halnya Salsa dan Najwa, Irma Mas Qorimah yang meraih Juara Harapan 1 Putri Duta Genre Kabupaten Sukoharjo.

“Ketika saya meraih juara tersebut, saya masih tidak percaya bahwa saya bisa diposisi itu. Tentu saya sangat senang mengingat dapat berproses dan berjuang dari seleksi sampai grand final dengan orang-orang yang sangat hebat bahkan lebih hebat dari saya. Selain itu, melalui kompetisi tersebut yang juga membuat saya lebih percaya bahwa semuanya adalah tentang kita mau berusaha atau enggaknya,” tutur Irma.

Motivasi Mengikuti Ajang Duta Genre Kabupaten Sukoharjo 2023

Sementara itu, motivasi Fatihah Asy Syifa yang meraih Juara Influencer Putri Duta Genre Kabupaten Sukoharjo 2023 bahwa ajang ini sejalan dengan prinsip hidupnya. “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Saya tidak mau menjadi ikan besar di akuarium kecil, maka dari itu saya ingin pindah ke akuarium besar, agar hal-hal baik yang saya lakukan dapat menciptakan senyuman untuk masyarakat luas,” terang Fatihah.

Lebih lanjut, motivasi Alexander Fanky Carelino yang meraih Juara Influencer Putra Duta Genre Kabupaten Sukoharjo 2023 adalah untuk mengimplementasikan secara nyata keterampilan public speaking dan melatih kesiapan mental untuk berbicara di muka umum.

Feng begitu sapaan akrabnya berharap kedepannya bisa terus berkembang dan berproses pada kegiatan di dalam maupun di luar kampus, “Pesan dari saya, untuk mahasiswa UNS jangan takut untuk upgrade diri kita, dan jangan terlalu nyaman di zona nyaman kita. Beranilah buat melangkah dari zona nyaman dan mulai asah kemampuan dan kegemaran kalian,” kata Feng.

Kemudian Dyah Ayu Nur Pitasari yang terpilih menjadi Top 10 Finalis Duta Genre Kabupaten Sukoharjo 2023 berharap semoga selepas ajang ini saya bisa menjadi orang yang bisa membantu serta ikut andil dalam apa yang menjadi tujuan Duta Genre. Dan semoga semakin banyak penerus dari UNS yang mengikuti dan meraih juara pada ajang Duta Genre Kabupaten Sukoharjo.

Terakhir, Setia Purwati yang juga terpilih menjadi Top 10 Finalis Duta Genre Kabupaten Sukoharjo 2023 berpesan jangan pernah takut dan ragu untuk keluar dari zona nyaman kalian.

“Teruslah belajar dan berproses. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Tetapi kegagalan adalah bagian dari proses menuju kesuksesan,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa

Redaktur: Dwi Hastuti

Scroll to Top
Skip to content