Search
Close this search box.

Mahasiswa UNS Raih Pemenang 3 dalam Ajang Duta Bahasa Kepulauan Bangka Belitung 2023

UNS – Prestasi membanggakan kembali diukir oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Kali ini prestasi tersebut dipersembahkan oleh Esti Yulandari mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS. Ia berhasil meraih juara sebagai Pemenang 3 dalam Pemilihan Duta Bahasa Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2023.

Atas raihannya ini, Esti mengaku senang dan bersyukur. “Alhamdulillah, sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Allah SWT, keluarga, teman-teman, serta semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu atas dukungan dan doanya. Terima kasih juga kepada pihak Kantor Bahasa dan Ikatan Duta Bahasa (Ikadubas) Kepulauan Bangka Belitung atas amanah dan apresiasi yang telah dipercayakan kepada saya,” ujar Esti saat dihubungi uns.ac.id pada Senin (12/6/2023).

Sementara itu, Esti menyampaikan, motivasinya mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Kepulauan Bangka Belitung karena ajang tersebut relevan dengan latar belakang perkuliahannya.

“Lebih lanjut, mempelajari bahasa merupakan sesuatu yang sangat ingin saya perdalam. Oleh karena itu, saya mengikuti beberapa kegiatan atau lomba yang berkaitan dengan kebahasaan termasuk ajang duta bahasa ini,” lanjutnya.

Setelah menyandang gelar duta bahasa, Esti meyakini ada amanah besar yang ia emban, terkhusus bagaimana bisa menjadi teladan dalam penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Oleh karenanya, saya berkomitmen dalam pengembangan dan pembinaan Bahasa Indonesia yang dimulai dari diri saya sendiri. Sebagai seorang perwakilan pemelihara bahasa, saya senantiasa berupaya untuk bisa menempatkan dan menggunakan bahasa terutama Bahasa Indonesia dengan baik dan benar,” paparnya.

Terakhir, Esti berpesan agar bisa lebih bijak dalam menggunakan bahasa. “Mempelajari bahasa memang sering dianggap mudah. Namun, nyatanya tidak semudah yang dibayangkan. Oleh karenanya, marilah kita terus mempelajari bahasa, mencintai bahasa, dan melestarikan bahasa,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa

Redaktur: Dwi Hastuti

Scroll to Top
Skip to content