Peduli Bangsa, UNS Kirimkan 100 Peserta Ikuti Taplai Angkatan II

UNS – Dalam rangka membangun peradaban bangsa untuk selalu menjaga empat konsensus dasar bernegara dan berbangsa (Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika); Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali mengirimkan  tenaga pendidiknya untuk mengikuti Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan (Taplai) dan Pelatihan Kepemimpinan di Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI). Kegiatan ini berlangsung selama delapan hari dari tanggal (22-29/1/2018) di Ruang NKRI, Gedung Pancagatra Lemhanas RI.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Arif Wachyunadi selaku Sekretaris Utama Lemhanas RI dan didampingi oleh Deputi Taplai, Yulianto. Dalam sambutannya, mewakili Gubernur Lemhanas RI, Arif menyampaikan kepada peserta agar memanfaatkan kesempatan ini sebagai momentum perenungan dan introspeksi diri terhadap wawasan kebangsaan mengingat tenaga pendidik memiliki peran penting dalam memajukan generasi penerus bangsa.

Menristekdikti, Mohamad Nasir hadir sebagai narasumber dengan moderator Ravik Karsidi, Rektor UNS didampingi oleh Intan Ahmad, Dirjen Belmawa Kemristekdikti

Dalam paparan Menristekdikti, Mohamad Nasir menyampaikan daya saing dan daya sanding perguruan tinggi Indonesia dalam kompetisi global yang mampu melahirkan pemimpin-pemimpin dengan kemampuan inovasi dan melahirkan karya yang bermanfaat untuk kemaslahatan bangsa menuju kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia.

Di tengah menyampaikan paparan, Nasir menyampaikan “UNS sebagai perguruan tinggi muda yang pertama kali menggandeng Lemhannas RI, dan kali ini adalah peserta di batch II. UNS telah menunjukkan kedewasaan manajemen, memiliki kemampuan, dan ditunjukkan dengan berbagai prestasi selama ini, sehingga memenuhi untuk selanjutnya menyusul sebagai PTNBH”. Lebih lanjut, “Modal dasar dengan menjadi PTNBH sebagai kendaraannya yang akan melejitkan menuju PTN World Class University (WCU)” paparnya.

Dalam Taplai angkatan II ini, UNS kirimkan sebanyak 100 orang peserta yang terdiri dari tenaga pengajar, kepala bidang, dekan, ketua jurusan, dan staff UNS. Perwakikan UNS ini dikirimkan dengan misi untuk meningkatkan wawasan kebangsaan. Ravik Karsidi selaku Rektor UNS turut hadir mengantarkan para peserta untuk mengikuti kegiatan ini. Dalam sambutannya, Ravik mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi pijakan untuk menyongsong Visi UNS 2030.

“Kami ingin mendapat persepsi bersama dalam menyongsong Visi UNS 2030 menjadi World Class University tetapi tetap berbasis budaya luhur nasional terutama nilai-nilai kebangsaan,” tutur Ravik.

Ravik menyadari bahwa Bangsa Indonesia tengah berada di tengah-tengah arus perkembangan teknologi dan globalisasi sehingga perlu menanamkan semangat kebangsaan.

“Saya sebagai pimpinan UNS berpendapat bahwa kedatangan kami ke Lemhanas insha Allah akan menjadi ‘jamu yang manjur’ di dalam usaha kami memantapkan nilai-nilai kebangsaan, dimana kita sedang dilanda perkembangan teknologi yang sangat masif, dan penentu arah masa depan UNS berada di tangan bapak dan ibu semua”, pesan Ravik untuk seluruh peserta. Humas-red.uns/Imr/Isn

By | 2018-01-31T07:02:07+00:00 31 January 2018|Categories: Berita Terkini|