Berita Terkini

Prodi Pendidikan Biologi UNS Mengadakan Rekonstruksi Kurikulum

By 30 June 2020 No Comments
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

UNS-Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan rekonstruksi kurikulum. Rekonstruksi ini berlangsung secara luring dan daring melalui aplikasi Zoom Meeting pada Senin (29/6/2020). Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program kampus merdeka, merdeka belajar yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim.

Meskipun dilakukan secara luring di Gedung A FKIP UNS, namun kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Agenda rekonstruksi kurikulum kampus merdeka, merdeka belajar ini dibuka secara langsung oleh Dekan FKIP UNS, Dr. Mardiyana. Kegiatan ini dimulai dengan pemaparan draf kurikulum oleh Kepala Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS, Dr. Muzzazinah.

Ia menyampaikan bahwa kreativitas dan inovasi menjadi kata kunci yang penting untuk memastikan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.
“Para mahasiswa yang saat ini belajar di perguruan tinggi harus disiapkan menjadi pembelajar sejati yang terampil, lentur dan ulet. Permendikbud No. 3 Tahun 2020 telah memberikan hak kepada mahasiswa selama 3 semester dapat belajar di luar Prodinya sesuai kebijakan kampus merdeka, merdeka belajar. Sebagai respons, diperlukan transformasi pembelajaran untuk bisa membekali dan menyiapkan lulusan pendidikan tinggi agar menjadi generasi yang uggul,” jelasnya.

Rekonstruksi kurikulum ini merupakan langkah pertama untuk merespons kebijakan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 Tahun 2020. Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh tim pembanding yang memberikan masukan serta koreksi terhadap draft kurikulum yang telah disusun. Tim pembanding tersebut berasal dari beberapa perguruan tinggi yaitu Drs. Suratsih, M.Si. dan Dr. Paidi dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Dr. Sri Rahayu Lestari dari Universitas Negeri Malang (UM), Dr. Rinie P. Puspitasari, dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Dr. Bambang Supriyatno dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Selain dihadiri oleh tim pembanding, kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Himpunan Pendidik dan Peneliti Biologi Indonesia, Ketua Konsorsium Pendidikan Biologi Indonesia, Alumni Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS, pengguna lulusan Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS, mahasiswa, dosen, serta Kepala Prodi Pendidikan Biologi di beberapa universitas di Solo.

Dr. Muzzazinah berharap dengan adanya rekonstruksi ini mampu meningkatkan kualitas kurikulum di Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS.
“Melalui rekonstruksi kurikulum ini diharapkan dapat tersusun kurikulum kampus merdeka, merdeka belajar Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS yang dalam implementasinya dapat menghasilkan lulusan sebagai pendidik, peneliti, dan wirausahawan di bidang biologi dan pendidikan biologi,” tutupnya. Humas UNS/Bayu/Dwi

Leave a Reply