Berita Terkini

UNS Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah dan Public Speaking

By 30 June 2020 No Comments
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

UNS– Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah dan Public Speaking bagi Mahasiswa pada Selasa (30/6/2020). Kegiatan ini merupakan workshop public speaking dan penulisan artikel pertama di tahun 2020 yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas mahasiswa untuk membuat artikel ilmiah yang dapat dipergunakan untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).
Kegiatan ini diikuti oleh 200 mahasiswa baik dari program sarjana, vokasi, maupun pascasarjana. Workshop yang dimoderatori oleh Dr. Sunny Ummul Firdaus ini menghadirkan 5 orang pembicara yaitu Dr. Suparni Setyowati Rahayu, Prof. Okid Parama Astirin, Prof. Eng. Agus Purwanto, Prof. Diah Kristina, dan Prof. Doddy Setiawan. Turut hadir pula Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof. Kuncoro Diharjo sekaligus memberikan sambutan.

Prof. Kuncoro menyampaikan bahwa penulisan artikel ilmiah sangat penting karena dapat meningkatkan kinerja perguruan tinggi.
“Apabila satu mahasiswa mempublikasikan satu artikel ilmiah, maka dalam satu tahun akan ada 9.000 artikel dari mahasiswa. Mari kita bersama-sama mengembangkan budaya literasi, budaya akademik. Target yang lebih tinggi, nantinya artikel ilmiah ini bisa ditawarkan untuk publikasi internasional,” jelasnya.

Dalam materi yang disampaikan oleh Dr. Suparni, membahas mengenai penulisan artikel ilmiah pengabdian. Ia menyampaikan pengabdian masyarakat dapat dilakukan dalam bentuk apa saja baik terstruktur maupun tidak terstruktur.
“Pada pengabdian tentu ada pelaksanaan, ada data. Misal mahasiswa melakukan pengabdian masyarakat di wilayah peternakan bebek, bisa kita buat penelitian mengenai cara mengabsorbsi bau kotoran bebek. Lalu bisa juga penelitian tersebut berawal dari PKM-M, PKM-K, PKM-T, PHP2D dan sebagainya,” paparnya.

Dalam penulisan artikel ilmiah pengabdian, terdapat beberapa tata cara penulisan yang tidak jauh berbeda dari artikel ilmiah pada umumnya. Dr. Suparni juga memberikan beberapa tips dalam penulian artikel ilmiah pengabdian.
“Tata cara penulisan tidak jauh berbeda, terdapat pedoman umum, sistematika penulisan, judul dan nama penulis, abstrak, pendahuluan, metode pengabdian hingga simpulan. Pada judul, maksimal 12 kata yang menggambarkan isi pokok tulisan secara ringkas dan jelas. Penulisan tidak harus sama dengan judul proposal PKM,” tambahnya.

Kemudian, dalam materi yang disampaikan oleh Prof. Doddy Setiawan membahas mengenai teknik presentasi dan desain power point artikel ilmiah. Prof. Doddy menyampaikan bahwa dalam presentasi harus memperhatikan beberapa poin agar audiens mampu memperhatikan apa yang disampaikan.
“Waktu presentasi harus dialokasikan dengan benar, misal waktu cuma 20 menit ya harus 20 menit. Inti dari power point itu menunjukkan poin-poin yang penting saja. Jadi kita menyampaikan apa yang kita sampaikan dengan tepat waktu, lugas, dan ringkas. Kita harus latihan, misal dengan menghitung presentasi di depan cermin kemudian diberi timer,” paparnya.

Secara garis besar, presentasi artikel ilmiah dibagi menjadi beberapa bagian yaitu pendahuluan, landasan teori dan hipotesis, metodologi penelitian, analisis hasil, dan kesimpulan.
“Pada pendahuluan, fokus pada latar belakang topik penelitian serta tujuan dan manfaat penelitian. Kemudian pada landasan teori, harus dikaitkan antara teori dengan penelitian yang dilakukan. Pada metodologi, uraikan secara jelas langkah-langkah dalam penelitian, uraikan proksi variabel yang digunakan,” jelasnya.

Dalam analisis hasil, dapat ditampilkan dalam bentuk tabel sehingga pembahasan mengacu pada tabel yang telah disajikan. Prof. Doddy juga membagikan tips saat melakukan presentasi.
“Lakukan kontak mata dengan audiens. Hal ini menunjukkan bahwa anda mempunyai percaya diri yang tinggi sehingga bisa menguasai medan dengan baik. Kemudian kita harus mengenali audiens, lalu penampilan kita juga harus baik dan meyakinkan. Selain itu, datang sebelum waktu presentasi agar dapat bersiap terlebih dahulu,” tutupnya. Humas UNS/Bayu/Dwi

Leave a Reply