UNS — Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Jamal Wiwoho melantik Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dosen dan Tenaga Kependidikan (Tendik) yang menduduki Jabatan Fungsional Tertentu di lingkungan UNS. Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Fungsional digelar secara luring dan daring di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Jumat (28/1/2022).

Dalam Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Fungsional tersebut, dihadiri oleh Wakil Rektor serta Dekan dan Direktur di UNS. Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho dalam sambutannya menyampaikan bahwa tahun 2022 ini akan menjalani program kerja etape 3 dari kebijakan lima pilar akselerasi pengembangan UNS menuju World Class University. Pendekatan struktural dalam mengelola sebuah institusi besar seperti UNS ini secara bertahap telah ditinggalkan, karena sudah tidak sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan di era perubahan sekarang dan yang akan datang.

“UNS dengan statusnya sebagai Perguruan Tinggi yang diberi mandat untuk menjalankan otonomi yang lebih luas, sudah selayaknya jika didukung oleh SDM yang memiliki kualitas yang memadai dan mampu menghadapi kondisi masa depan yang terus berubah dengan cepat, dan masih sulit diramal. Bekerja berbasis keahlian tertentu, pada akhirnya menjadi kebutuhan yang harus kita penuhi agar dapat meningkatkan performa institusi PTNBH UNS lebih dinamis,” terang Prof. Jamal.

Prof. Jamal sangat menyadari bahwa dalam menjalani program dan kegiatan dimasa awal transisi menjadi PTNBH, sudah barangtentu sangatlah berat, apalagi tuntutan untuk secepatnya merubah mindset pegawai agar secepatnya bisa melakukan cara bekerja baru dan berpikir inovatif serta kreatif, sangatlah tidak semudah membalikan telapak tangan. “Oleh karena itu, sebagai seorang yang diberi amanah memimpin universitas ini, saya harus mengambil langkah sebijak mungkin, membangkitkan antusiasme, kepercayaan, keyakinan dan optimisme seluruh sivitas akademika UNS, agar memiliki kesamaan langkah dalam menjalani program dan kegiatan yang telah ditetapkan,” imbuhnya.

Rektor UNS Lantik Dosen dan Tendik yang Menduduki Jabatan Fungsional Tertentu

Sudah tiba saatnya, dalam menghadapi setiap perubahan, harus memiliki kesadaran baru dan juga kemampuan beradaptasi. Ingatlah, bahwa jabatan fungsional adalah jabatan masa depan. Karena pegawai dengan jabatan fungsionalnya akan memiliki kompetensi kolaboratif dengan jabatan lain, meskipun kinerjanya bersifat mandiri. Sehingga diharapkan para pejabat fungsional ini dapat bersinergi, bekerja sama dalam sebuah orkestra ketenagakerjaan yang dinamis, produktif, dan melayani.

“Kepada 116 Dosen yang hari ini menerima SK Jabatan Fungsional Akademik, saya mengharapkan agar Saudara sukses menjadi tenaga pengajar yang tidak hanya kuat di teori keilmuan, melainkan juga mahir melaksanakan riset dan pengembangan. Jadilah dosen yang bisa menginspirasi dan memotivasi sejawat dosen yang lain dan para mahasiswanya, tentunya dengan menunjukan produktifitas karya-karya ilmiah yang dihasilkan dan terpublikasi di berbagai jurnal terakreditasi internasional. Bagi sejawat dosen yang masih berkualifikasi S2, saya dorong untuk segera meneruskan pendidikanya ke jenjang Doktor. Sedangkan bagi para dosen yang sudah bergelar Doktor, saya juga berharap agar segera mempersiapkan diri untuk memproses usulan ke jenjang Guru Besar. Saat ini, UNS sedang mencanangkan program percepatan Guru Besar, agar target mewujudkan World Class University segera terpenuhi,” ujar Prof. Jamal.

Rektor UNS Lantik Dosen dan Tendik yang Menduduki Jabatan Fungsional Tertentu

Kemudian kepada 15 Tendik yang juga menerima SK Jabatan Fungsional Tertentu, Prof. Jamal berharap agar terus-menerus mampu meningkatkan kualitas dan kapasitas keilmuan, keahlian/keterampilan dan kinerjanya, sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Humas UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Pentas Seni Budaya UNS Kembali Digelar, FKIP UNS menjadi Tuan Rumah

UNS --- Pentas seni dan budaya Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali digelar. Kali...

FISIP UNS Raih Juara 1 Lomba Kampus Inklusi antar Fakultas di Lingkungan UNS

UNS --- Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

UNS Umumkan Pemenang Lomba Rangkaian Dies Natalis ke-46 UNS

UNS --- Rangkaian acara Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah...

Seminar ABP HMJA FEB UNS, Matangkan Persiapan menjadi Wirausahawan

UNS --- Departemen Business Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) Fakultas Ekonomi dan...

Perluas Jejaring Internasional, FT UNS Tandatangani PKS dengan Tongmyong University, Korea

UNS --- Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menandatangani...

FP UNS Gelar Seminar Nasional Bahas Digitalisasi Pertanian Menuju Kebangkitan Ekraf

UNS --- Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar seminar...

Dosen Sosiologi FISIP UNS Gelar FGD, Bahas Persiapan Akreditasi Internasional Prodi S1 Sosiologi

UNS --- Dosen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Bisnis Mi Ayam Goreng Mahasiswa UNS Dapat Investasi 50 Persen dari Menteri Investasi/Kepala BKPM RI, Siapa Sosoknya?

UNS --- Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Bahlil Lahadalia,...

Dosen FEB UNS Sampaikan Cara Perencanaan Karir sebagai Mahasiswa Akuntansi

UNS --- Masifnya perkembangan era digital, mengakibatkan kemunculan beragamnya profesi yang...

Mahasiswa UNS Raih Juara 2 Lomba Feature News Kusala Jurnalistik 2022

UNS --- Prestasi membanggakan di tingkat nasional kembali diraih oleh mahasiswa Universitas...