Berita Terkini

Research Group Pendidikan Bahasa Jawa UNS Gelar Pendampingan Wirausaha

By 1 October 2020 No Comments

UNS – Research Group Kajian Sastra dan Budaya Jawa Serta Pengajarannya, dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Jawa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar kegiatan pengabdian yang ditujukan pada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan di SMA Unggulan CT ARSA Sukoharjo. Ada pun, tema yang disusung dalam kegiatan ini adalah Pelatihan dan Pendampingan Wirausaha Berbasis Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa Bagi Siswa SMA Di Kabupaten Sukoharjo.

Dr. Djoko Sulaksono, M.Pd., selaku Ketua Research Group mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan wirausaha berbasis budaya Jawa kepada siswa.
“Kegiatan ini untuk memberikan pelatihan dan pendampingan wirausaha berbasis budaya Jawa kepada para siswa yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, misal kegiatan menulis geguritan, cerita cekak, dan essay yang selanjutnya akan dikirim ke surat kabar,” terang Dr. Djoko pada tim uns.ac.id, Rabu (30/9/2020).

Selain kegitan menulis, kegiatan yang diadakan pada awal September lalu, tepatnya pada Selasa (8/9/2020) ini, juga mengadakan kegiatan berupa pelatihan untuk menjadi Master of Ceremony (MC) yang baik dan profesional.

Menurut Dr. Djoko, kemampuan membaca dan menulis huruf Jawa merupakan keahlian yang saat ini langka sehingga peluangnya masih sangat bagus.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan secara daring karena masih terkendala pandemi Covid-19 dan para siswa banyak yang pulang ke rumah masing-masing. Dan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh tim Research Group. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini, Dr. Djoko berharap dapat meningkatkan partisipasi Prodi Pendidikan Bahasa Jawa dalam mendukung kegiatan berwirausaha.
“Diharapkan dapat meningkatkan partisipasi FKIP UNS, khususnya Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa dalam mendukung upaya kegiatan berwirausaha,” pungkas Dr. Djoko. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply