Berita Terkini

RG FEB UNS Bantu Kembangkan Kampung Wayang Kepuhsari

By 26 September 2020 No Comments

UNS—Kampung Wayang Kepuhsari yang berada di Kecamatan Manyaran, Wonogiri bekerja sama dengan Tim Riset Group (RG) Applied Microeconomics Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terus berinovasi di tengah Pandemi Covid-19. Berbagai upaya dilakukan tim dan masyarakat untuk memperbaiki situasi Kampung Wayang Kepuhsari sebagai desa wisata.

Tim RG yang terdiri dari Prof. Dr. Yunastiti Purwaningsih, M.P,  Tri Mulyaningsih, S.E., M.Si., Ph.D, Mulyadi, SE, M.Ec. Dev, dan Lely Ratwianingsih, S.E., M.Sc., bersama dengan aparat desa dan pengrajin setempat merumuskan beberapa atribut yang dibutuhkan agar Kepuhsari menjadi destinasi wisata yang senyatanya. Gagasan tersebut tercetus sebagai hasil Focus Group Discussion (FGD) yang digelar  bulan Agustus lalu.

Beberapa atribut untuk lebih mempopulerkan Kepuhsari sebagai tempat wisata diantaranya papan penunjuk arah, papan nama homestay, dan media informasi desa.  Selain itu, sosialisasi nama jalan juga dilakukan ke desa-desa sebelah dengan menggunakan selebaran. Adapun pelaksanaan pemasangan atribut identitas desa wisata dilakukan pada 24 September 2020 kemarin.

Atribut ini dimaksudkan untuk bisa membedakan antara Kepuhsari sebagai desa wisata dengan desa lain yang bukan desa wisata.

“Dengan pemasangan atribut ini, diharapkan keberadaan desa wisata lebih dapat dikenal oleh khalayak. Selain itu, calon pengunjung bisa lebih mudah menjangkau Kampung wayang ini dengan berbagai penunjuk arah yang sudah dibuat. Akhirnya, hasil dari kegiatan bersama ini, kini Kepuhsari tidak lagi sebagai sebuah desa wisata tanpa tanda-tanda” terang Mulyadi, Sabtu (26/9/2020).

Lebih lanjut dikatakan, selama ini masyarakat luar tidak cukup informasi persis mengenai letak geografis kampung wisata ini. Dari akses lalu lintas Jalan Raya Wonogiri hingga Pracimantoro tidak cukup jelas penunjuk arah ke Kepuhsari.

Pendampingan Tim RG kepada Masyarakat Kampung Wayang Kepuhsari, Manyaran, Wonogiri ini bukan kali pertama. Sebelumnya Tim telah memberikan dukungan untuk mengembangkan sumber daya yang dimiliki oleh desa tersebut, yakni dengan melakukan pelatihan e-branding produk wayang. Humas UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Leave a Reply