Sasar Ekspor ke Prancis, UNS Adakan Expo Kewirausahaan

UNS — Direktorat Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan Expo Kewirausahaan (KWU) UNS 2022. Expo kali ini dilaksanakan secara daring di Solo Technopark pada 30 Juni hingga 2 Juli 2022.

Kali ini Expo KWU UNS mengangkat tema “De Java à Paris” atau “Saking Jawi Datheng Paris”. Tema tersebut diambil karena kali ini expo kewirausahaan menyasar target ekspor ke Prancis.

Paris menjadi target pasar kali ini sebab menindaklanjuti gebrakan yang telah dilakukan oleh Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka beberapa waktu lalu. Awal Juni kemarin, Gibran memperkenalkan Solo di Paris dengan mengadakan arak-arakan di Jalan Ravioli, Paris, Prancis menggandeng penyanyi kenamaan asal Indonesia, Anggun C. Sasmi.

Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Dr. Sutanto, S.Si. DEA. menyayangkan jika langkah fenomenal Wali Kota Surakarta tersebut tidak diikuti dengan gerak seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu, UNS yang merupakan salah satu perguruan tinggi di Kota Surakarta memberikan sumbangsih dengan mengadakan expo ini.

“Maksud kita hari ini adalah melanjutkan agenda Mas Wali di Paris. Kemarin respons masyarakat sana sudah sangat baik. Nama Indonesia sudah muncul dan orang-orang Prancis membicarakan kota kami. Kami mencari lagi produk-produk di Solo, Ngawi, dan sekitarnya. Produk-produk nanti dinilai dan dikuratori kemudian kita carikan sponsor untuk membeli produk itu. Kita carikan sponsor untuk mengapalkan ke sana, kemudian sampai di galeri yang ada di Prancis,” jelas Dr. Sutanto pada soft opening Expo KWU UNS pada Kamis (30/6/2022).

Hal ini juga disambut baik oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Surakarta, Wahyu Kristina. Beliau yang termasuk delegasi Solo saat mengadakan acara di Paris kemarin mengapresiasi Expo KWU UNS. Menurut beliau ini merupakan bentuk dukungan konkret masyarakat atas agenda Pemerintah Kota Surakarta.

“Saya menyampaikan pesan Mas Wali. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini karena dalam rangka meraih QPI, UNS mengembangkan produk kemahasiswaan, UKM, dan desa-desa binaan yang ditampilkan di Expo bekerja sama dengan La Maison de I’indonesie,” tutur Kristina.

Expo ini menampilkan produk-produk dari mahasiswa UNS, UMKM binaan UNS, dan desa binaan UNS. Produk-produk tersebut akan dikurasi oleh empat kurator yakni pemilik La Maison de I’Indonesie, Mathieu Mergans; pemilik UD. Berlawalata Solo; importir produk Indonesia di Prancis, Diana; dan Wakil Kamar Dagang Indonesia, Liliek Setiawan, S.E.

Produk-produk yang lolos kurasi akan diuji coba untuk diekspor ke Paris. UNS akan membantu mencarikan sponsor pembeli sampel dan ongkos pengiriman ke Paris. Dengan demikian, produk-produk tersebut dapat memasuki pasar Paris dan para pemilik produk akan menindaklanjuti ekspor tersebut secara mandiri.

Selain pameran, Expo ini akan diisi beberapa kegiatan. Beberapa kegiatan yakni workshop mahasiswa pembangun kewirausahaan desa, workshop pengembangan produk kewirausahaan mahasiswa, dan persembahan tiap UKM atau organisasi kemahasiswaan di UNS. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content