Tim PKM-K FKIP UNS Luncurkan Produk Tas Multikapasitas Berbasis Edukasi

by | Sep 26, 2022 18:28 | Berita Terkini

UNS — Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS meluncurkan produk tas multikapasitas berbasis edukasi untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

Adapun tim PKM-K FKIP UNS tersebut merupakan salah satu dari 24 tim PKM yang lolos pendanaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) dari UNS. Tim PKM-K FKIP UNS ini diketuai oleh Toni Pranada dengan beranggotakan Puspita Yulian Nindyasari, Rizka Nur Azizah, dan Ali Nur Mustofa yang keempatnya merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi FKIP UNS yang dibimbing oleh Lintang Ronggowulan,S.Pd.,M.Pd.

Dalam rilis yang diterima tim uns.ac.id pada Senin (26/9/2022), Ketua Tim PKM-K FKIP UNS, Toni Pranada mengatakan bahwa gagasan produk tas yang diberi nama Ecocapsitbag datang dari melihat kondisi bumi yang memprihatinkan dengan dipenuhinya banyak sampah plastik di lingkungan sekitar.

Kondisi sampah plastik Indonesia berdasarkan data Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Kementerian Kelautan mencapai angka 64 juta ton/tahun  pada tahun 2019 dan meningkat menjadi 66 juta ton pada tahun 2021. Yang mana sebanyak 3,2 juta ton dibuang ke laut. Sementara penyumbang sampah plastik utama adalah dari penggunaan kantong plastik sekali pakai berupa bungkus barang ataupun makanan.

Ironisnya pengurangan sampah plastik tidak dapat dilakukan dalam skala besar karena jumlahnya yang semakin bertambah. Maka dari itu, produk tas ini hadir sebagai upaya mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai. Cukup dengan satu tas yang dapat memuat banyak barang.

“Ecocapsitbag merupakan produk tas ramah lingkungan dengan multikapasitas yang dapat disesuaikan kebutuhan di berbagai kegiatan sehingga tidak memerlukan kantong plastik tambahan,” ungkap Toni Pranada.

Produk Ecocapsitbag merupakan solusi sekaligus aksi bagi kita untuk dapat berperan langsung menyelamatkan bumi dari sampah plastik. Munculnya keprihatinan masyarakat terhadap kondisi bumi sekarang ini diharapkan dapat menjadikan produk Ecocapsitbag sebagai kebutuhan khusus.

Toni Pranada menambahkan bahwa dalam 1 tas ini memiliki 3 kapasitas yakni kecil, sedang, dan besar, yang dapat disesuaikan ukurannya dengan cara memperkecil atau memperbesar ukuran tas melalui fitur ritsleting yang tersedia.

Produk ini dihadirkan dengan menggandeng dan mempromosikan budaya lokal yakni Batik Parang yang disablon pada produk sebagai ciri khas produk lokal yang kreatif.

Lebih lanjut fitur kelengkapan utama dari produk ini adalah adanya ecoliteracy. Hal ini karena Tim PKM-K FKIP UNS menyadari bahwa edukasi mengenai sampah plastik penting diwujudkan untuk membangun kesadaran masyarakat mengenai dampak buruk penggunaan plastik secara terus-menerus bagi lingkungan.

Adapun ecoliteracy sendiri berisi edukasi lingkungan mengenai sampah plastik yang berbasis website dan disederhanakan ke dalam bentuk QR Code. Adapun QR Code ini disablon secara langsung pada produk, sehingga konsumen dapat mengaksesnya secara langsung melalui scanning.

Sementara itu, berbagai aksi dan promosi produk Ecocapsitbag juga telah dilakukan dan implikasinya produk banyak yang laku terjual. Hal ini menunjukkan respon positif akan minat masyarakat terhadap produk yang diluncurkan. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa
Redaktur: Dwi Hastuti

Tags : FKIP UNS , PKM-K , UNS

Munas ke-1 APPII Terselenggara di UNS, Prof. Sulistyo Saputro Terpilih Menjadi Ketua Umum

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terpilih menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional...

Membanggakan! Tim Bengawan UV UNS Raih Tiga Gelar dalam KKCTBN 2022

UNS --- Tim Bengawan Unmanned Vehicle (UV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih tiga...

Mahasiswa UNS Rintis Siebook.id, Membentuk Literasi Membangun Negeri

UNS --- Mahasiswa Program Studi (Prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas...

Diskusikan Metode Lesson Study, S-2 Pendidikan Biologi UNS Gelar Kuliah Umum

UNS — Program Studi (Prodi) Magister (S-2) Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu...

Kerja Sama dengan Pemkab Sragen, Dosen FEB UNS Luncurkan Super Aplikasi Go to Sragen

UNS --- Tim dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta baru...

Mahasiswa Farmasi UNS Ciptakan Plester Microneedle dari Tanaman Daun Afrika untuk Penderita Diabetes Melitus

UNS --- Empat mahasiswa S-1 Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)...

Inovatif! Tim PKM RE UNS Ciptakan Plester Luka Diabetes dari Limbah Batang Ubi Kayu

UNS --- Lima mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung ke dalam Program...

Tim PKM UNS Sukses Memproduksi Biolistrik dari Eceng Gondok dan Lumpur Lapindo

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menciptakan listrik dari...

Mahasiswa PAP UNS Raih Juara 2 Kompetisi Wicara Publik Tingkat Nasional

UNS --- Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Administrasi Perkantoran (PAP) Fakultas...

Mahasiswa UNS Ciptakan Inovasi Mesin Purus Kayu Terintegrasi untuk Meningkatkan Produktivitas Produksi Mebel

UNS --- Sejumlah mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Mesin (PTM) Fakultas Keguruan...