Tingkatkan Softskill Mahasiswa, Kemahasiswaan UNS Gelar Training Public Speaking

UNS – Kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu hal penting yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa, tidak terkecuali mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Melihat pentingnya kemampuan berkomunikasi tersebut, pada Rabu (13/2/2019), Biro Kemahasiswaan dan Alumni UNS menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (TOT) Public Speaking dengan tujuan untuk membekali mahasiswa-mahasiswi UNS dengan kemampuan public speaking yang baik.

Kegiatan training yang digelar di UNS Inn tersebut telah memasuki angkatan ke-5 dan pada tahun ini diikuti oleh 78 mahasiswa UNS rumpun sosial-humaniora, yakni dari Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Seni Rupa dan Desain.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof. Darsono. Dalam sambutannya di hadapan peserta training, Prof. Darsono berharap agar manfaat dari pelatihan public speaking  tahun ini mampu menguatkan semboyan UNS ACTIVE, yakni setiap mahasiswa UNS dituntut harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, terutama dalam menyambut mahasiswa baru UNS 2019 mendatang.

Kemampuan berkomunikasi tidak hanya digunakan untuk percakapan sehari-hari saja, namun dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, dapat memberi banyak manfaat bagi mahasiswa terutama  untuk menyongsong dunia kerja setelah lulus dari UNS nantinya.

“Program pelatihan softskill public speaking ini sudah dilangsungkan sejak 5 tahun lalu. Saya harap kalian mampu menjadi senior yang mampu melatih mahasiswa baru UNS dengan kemampuan public speaking yang bagus. Sebab itulah salah satu misi yang diusung dalam semboyan UNS ACTIVE,” ujar Prof. Darsono kepada peserta

Dalam pelatihan public speaking angkatan ke-5 tahun ini, Biro Kemahasiswaan dan Alumni UNS menekankan pelatihan pada materi bagaimana cara berkomunikasi yang sistematis, berpikir logis, retorika, dan cara berbicara yang berpengaruh. Keempat materi tersebut masing-masing langsung disampaikan oleh Nugraha Arif Karyanta,  M. Psi.,, Dr. Aditya Nanda Priyatama, M. Si, Dr. Intan Novela Aini, M. Si, dan Lukman Hakim, Ph. D. Humas UNS/Yef/Isn

By | 2019-02-14T10:33:16+07:00 14 February 2019|Categories: Berita Terkini|