UNS – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Bincang Kampus secara daring dengan tajuk ‘Mengenal Lebih Dekat dengan Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret’, Kamis (4/6/2020) pagi.

Dalam Bincang Kampus yang diikuti oleh lulusan SMA angkatan 2020 maupun 2019 tersebut, FMIPA UNS mengulas secara detail profil masing-masing Program Studi (Prodi), fasilitas kampus, kegiatan pengembangan potensi mahasiswa, prestasi mahasiswa, profil dosen/ pengajar, hingga prospek karir pascalulus dari FMIPA UNS.

FMIPA UNS secara khusus mengharapkan agar dengan terselenggaranya Bincang Kampus dapat membantu lulusan SMA dalam mematangkan pilihan program studi saat mendaftar di FMIPA UNS.

Jalannya Bincang Kampus dibuka langsung oleh Dekan FMIPA UNS, Harjana, Ph. D. Di hadapan peserta yang mengikuti jalannya Bincang Kampus melalui Zoom Cloud Meeting dan Kanal Youtube Resmi FMIPA UNS, Harjana Ph. D mengatakan apabila FMIPA UNS memiliki visi untuk mewujudkan diri sebagai fakultas yang berdaya saing di tingkat internasional.

“Visi FMIPA sebagai lembaga pendidikan yang unggul dalam bidang ilmu dasar dan terapan di tingkat nasional maupun internasional,” ujar Harja, Ph. D.

Dari visi yang menjadi acuan FMIPA tersebut, Harjana, Ph. D mengatakan hal tersebut tentunya ditopang dengan ketersediaan jumlah Program Studi (Prodi) FMIPA UNS.

Saat ini FMIPA UNS telah memiliki 8 Prodi, yaitu Matematika, Ilmu Lingkungan, Fisika, Statistika, Kimia, Biologi, Informatika, dan Farmasi. Selain itu, FMIPA UNS juga memiliki jenjang Prodi S2 Kimia dan S3 Biologi dan Fisika.

“Di FMIPA kami juga memiliki Prodi yang sudah terakreditaasi AUN-QA, yaitu Prodi S1 Biologi sehingga ini sudah berstandar internasional,” terangnya.

Sejumlah pembicara turut dihadirkan FMIPA UNS dalam Bincang Kampus tersebut.Dalam kesempatan tersebut, Kepala Prodi (Kaprodi) dari masing-masing Prodi di FMIPA UNS menerangkan profil prodi, prestasi mahasiswa, prestasi dosen, fasilitas, serta kegiatan pengembangan potensi mahasiswa yang dimiliki.

Seperti yang dipaparkan Kaprodi Matematika FMIPA UNS, Dr. Siswanto. Ia mengatakan apabila Prodi Matematika FMIPA UNS memiliki visi untuk menjadi pusat pembelajaran, pengkajian, pengembangan matematika dan berlandaskan pada pilar falsafah ilmu pengetahuan.

“Dengan visi itu kami juga memiliki kompetensi lulusan. Lulusan Prodi Matematika FMIPA UNS harus dapat melakukan penyelesaian permasalahan matematika, melakukan abstraksi dan generalisasi, melakukan permodelan matematika, dan dapat melakukan komputasi dan simulasi matematika,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kaprodi Fisika FMIPA UNS, Dr. Agus Supriyanto, juga ikut memperkenalkan profil Prodinya pada bidang kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri. Sejumlah kerjasama tersebut diwujudkan untuk pertukaran ilmu, baik kepada dosen dan tenaga pengajar maupun kepada mahasiswa.

“Kita ada lecturer and student mobilities serta kerjasama Prodi Fisika dengan institusi luar negeri, seperti University of SUNY Albany AS, Nagoya University Jepang, Sheffield University Inggris, University Littoral cote d’Opale Perancis, Kanazawa University Jepang, Universiti Kebangsaan Malaysia, dan Univeristi Tun Hussein Onn Malaysia,” papar Dr. Agus Supriyanto.Humas UNS/Yefta

Suka dengan artikel ini?

Segera Buka Kampus Baru di Jakarta, inilah Prodi yang Dipersiapkan UNS

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terus memperluas jaringan kampus cabangnya di...

Bangun Personal Branding di Era Digital, Himasos FISIP UNS Gelar Webinar Nasional

UNS --- Kemampuan menulis yang diikuti dengan kemampuan mendesain menjadi bekal yang menguntungkan...

UNS Berangkatkan Satgas Bencana Semeru, ini Misi yang Dibawa

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberangkatkan Satuan Tugas (Satgas) Bencana...

Sah, Dirut PT. Hutama Karya Kembali Terpilih sebagai Ketum IKA UNS

UNS --- Direktur Utama (Dirut) PT. Hutama Karya Ir. Budi Harto, M.M. kembali terpilih sebagai...

Buka Munas V IKA UNS, Rektor UNS: Banggalah jadi Alumni UNS

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Jamal Wiwoho membuka...

Beri Kuliah Umum di FH UNS, Hakim MK: Jangan Pernah Perjualbelikan Hukum

UNS --- Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) RI Prof. Arief Hidayat mewanti-wanti mahasiswa Fakultas...

Kepala Desa Tawangsari, Karanganyar Raih Piala Bergilir MK dalam Lomba Pidato Konstitusi Lurah di UNS

UNS --- Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya di Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya Resmi Ditutup

UNS --- Gelaran Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya yang diinisiasi oleh...

Bahas Kebijakan Fiskal dalam Pemulihan Ekonomi Nasional, FEB UNS Gelar Webinar

UNS --- Fakultasi Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar...

Tim PHP2D FEB UNS dan PKK Desa Gondosuli, Tawangmangu Kreasikan Wortel Jadi Aneka Makanan

UNS --- Wortel merupakan salah satu potensi alam yang dimiliki oleh Desa Gondosuli, Kecamatan...