UNS – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Bincang Kampus secara daring dengan tajuk ‘Mengenal Lebih Dekat dengan Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret’, Kamis (4/6/2020) pagi.

Dalam Bincang Kampus yang diikuti oleh lulusan SMA angkatan 2020 maupun 2019 tersebut, FMIPA UNS mengulas secara detail profil masing-masing Program Studi (Prodi), fasilitas kampus, kegiatan pengembangan potensi mahasiswa, prestasi mahasiswa, profil dosen/ pengajar, hingga prospek karir pascalulus dari FMIPA UNS.

FMIPA UNS secara khusus mengharapkan agar dengan terselenggaranya Bincang Kampus dapat membantu lulusan SMA dalam mematangkan pilihan program studi saat mendaftar di FMIPA UNS.

Jalannya Bincang Kampus dibuka langsung oleh Dekan FMIPA UNS, Harjana, Ph. D. Di hadapan peserta yang mengikuti jalannya Bincang Kampus melalui Zoom Cloud Meeting dan Kanal Youtube Resmi FMIPA UNS, Harjana Ph. D mengatakan apabila FMIPA UNS memiliki visi untuk mewujudkan diri sebagai fakultas yang berdaya saing di tingkat internasional.

“Visi FMIPA sebagai lembaga pendidikan yang unggul dalam bidang ilmu dasar dan terapan di tingkat nasional maupun internasional,” ujar Harja, Ph. D.

Dari visi yang menjadi acuan FMIPA tersebut, Harjana, Ph. D mengatakan hal tersebut tentunya ditopang dengan ketersediaan jumlah Program Studi (Prodi) FMIPA UNS.

Saat ini FMIPA UNS telah memiliki 8 Prodi, yaitu Matematika, Ilmu Lingkungan, Fisika, Statistika, Kimia, Biologi, Informatika, dan Farmasi. Selain itu, FMIPA UNS juga memiliki jenjang Prodi S2 Kimia dan S3 Biologi dan Fisika.

“Di FMIPA kami juga memiliki Prodi yang sudah terakreditaasi AUN-QA, yaitu Prodi S1 Biologi sehingga ini sudah berstandar internasional,” terangnya.

Sejumlah pembicara turut dihadirkan FMIPA UNS dalam Bincang Kampus tersebut.Dalam kesempatan tersebut, Kepala Prodi (Kaprodi) dari masing-masing Prodi di FMIPA UNS menerangkan profil prodi, prestasi mahasiswa, prestasi dosen, fasilitas, serta kegiatan pengembangan potensi mahasiswa yang dimiliki.

Seperti yang dipaparkan Kaprodi Matematika FMIPA UNS, Dr. Siswanto. Ia mengatakan apabila Prodi Matematika FMIPA UNS memiliki visi untuk menjadi pusat pembelajaran, pengkajian, pengembangan matematika dan berlandaskan pada pilar falsafah ilmu pengetahuan.

“Dengan visi itu kami juga memiliki kompetensi lulusan. Lulusan Prodi Matematika FMIPA UNS harus dapat melakukan penyelesaian permasalahan matematika, melakukan abstraksi dan generalisasi, melakukan permodelan matematika, dan dapat melakukan komputasi dan simulasi matematika,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kaprodi Fisika FMIPA UNS, Dr. Agus Supriyanto, juga ikut memperkenalkan profil Prodinya pada bidang kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri. Sejumlah kerjasama tersebut diwujudkan untuk pertukaran ilmu, baik kepada dosen dan tenaga pengajar maupun kepada mahasiswa.

“Kita ada lecturer and student mobilities serta kerjasama Prodi Fisika dengan institusi luar negeri, seperti University of SUNY Albany AS, Nagoya University Jepang, Sheffield University Inggris, University Littoral cote d’Opale Perancis, Kanazawa University Jepang, Universiti Kebangsaan Malaysia, dan Univeristi Tun Hussein Onn Malaysia,” papar Dr. Agus Supriyanto.Humas UNS/Yefta

Tags :

Peringati Hari Tani, Tim PPK Ormawa HM Pelita UNS Gelar Sehati di Gentungan, Karanganyar

UNS --- Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa...

Tim PKM-RE UNS Deteksi Milk Protein Allergen melalui Karakterisasi Gen CSN2

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung di dalam tim Program...

Pemilihan Rektor UNS Masa Bakti 2023-2028 Dimulai, ini Harapan Prof. Jamal Wiwoho

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Masa Bakti 2019-2023, Prof. Jamal Wiwoho,...

Resmi, UNS Launching Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta resmi me-launching Panitia Penjaringan dan...

Riset Grup FISIP UNS Gelar Pelatihan Branding dan Marketing untuk UMKM Kedai Kopi di Solo

UNS --- Riset Grup (RG) pengabdian masyarakat Komunikasi Strategis, Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim PKM-RSH UNS Teliti Strategi Baru Penanganan Temper Tantrum pada Anak Autis

UNS --- Sejumlah  mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...

Tim PKM-RE UNS Mengembangkan Material Teragnostik untuk Penyakit Kanker dari Limbah Ampas Kopi

UNS --- Sejumlah  mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...

UPT KLI UNS Inisiasi Kerja Sama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia

UNS --- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kerja sama dan Layanan Internasional (KLI) Universitas Sebelas...

Mahasiswa FKIP UNS Sukses Raih Juara 2 Lomba Tepat Cepat Tingkat Nasional

UNS --- Rizki Wahyu Perdana, seorang mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi Fakultas...

Tim PKM-K FKIP UNS Luncurkan Produk Tas Multikapasitas Berbasis Edukasi

UNS --- Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...