UNS Gelar Sosialisasi KKN Periode Semester Agustus 2022 – Januari 2023

UNS Gelar Sosialisasi KKN Periode Semester Agustus 2022 - Januari 2023

UNS — Unit Pengelola Kuliah Kerja Nyata (UP KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan sosialisasi KKN UNS periode semester Agustus 2022-Januari 2023. Acara ini diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting dan disiarkan langsung via YouTube UP KKN UNS OFFICIAL pada Selasa (24/5/2022).

Kegiatan sosialisasi dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. Prof. Yunus menyampaikan bahwa pelaksanaan KKN periode semester Agustus 2022-Januari 2023 memiliki beberapa model yang dapat dipilih oleh mahasiswa.

“Program KKN UNS yang akan kita laksanakan sebentar lagi ada Program Kemitraan UNS bersama Institut Pertanian Bogor (IPB) “Data Desa Presisi”, Program Kemitraan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) “Smart Village”, Program KKN Kebangsaan “Palangka Raya”, Program Aktivitas Membangun Desa atau KKN Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan terakhir Program KKN Reguler,” ungkap Prof. Yunus dalam sambutannya.

Sementara Kepala UP KKN UNS, Prof. Dr. Ir. Sudibya, M.S., mengatakan bahwa pelaksanaan KKN periode semester Agustus 2022-Januari 2023 akan sepenuhnya dilaksanakan secara luring.

“Adapun tujuan sosialisasi ini supaya mahasiswa mengetahui model pelaksanaan KKN periode semester Agustus 2022-Januari 2023. Selain itu 5 model KKN yang kami tawarkan semoga dapat menjadi pertimbangan mahasiswa dalam memilih model KKN sesuai yang diminati,” ungkap Prof. Sudibya. 

Kemudian kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber pertama Ketua MBKM, Dr. Agr. Ir. Sigit Prastowo, S.Pt., M.Si., IPM., ASEAN Eng. Dr. Sigit menyampaikan tentang Implementasi KKN MBKM atau KKN Tematik.

“Kegiatan KKN tematik atau KKN membangun desa merupakan salah satu implementasi dari adanya aktivitas MBKM. Untuk cluster kegiatan KKN tematik ini akan terbagi menjadi 3 yakni, cluster ekonomi, edukasi, dan sosial,” ucap Dr. Sigit.

Selanjutnya narasumber kedua dari Koordinator Bidang Persiapan dan Pembekalan, Dr. Ir. Yudi Rinanto, M.P. Dr. Yudi memaparkan tentang Rencana Desa Mitra KKN Juli-Agustus 2022 Program MBKM. Lanjut disusul pemaparan materi oleh Koordinator KKN Berbasis Kemitraan, Eksa Rusdiyana, S.P., M.Sc., tentang KKN Kemitraan.

“KKN Kemitraan bentuk pelaksanaannya bisa dilakukan secara sharing dengan mitra, baik sharing program atau sharing pendanaan kegiatan. Dalam pelaksanaannya bisa dalam bentuk KKN regular (2 sks)+ Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI) bisa juga MBKM (20 sks). Untuk durasi waktu juga bisa sama dengan KKN regular, namun bisa juga berbeda sesuai dengan kesepakatan dengan mitra,” terang Eksa.

Kemudian lanjut pemaparan oleh pihak IPB, selaku mitra dalam model KKN UNS. Wakil Kepala LPPM Bidang Pengabdian kepada Masyarakat IPB, Dr. Sofyan Sjaf, S.Pt., M.Si menyampaikan tentang Data Desa Presisi.

Lalu pemaparan materi oleh Koordinator Bidang KKN Berbasis Lokasi dan Penempatan, Drs. W. Hendro Saputro, M.Si. Drs. Hendro menjelaskan tentang KKN Reguler. KKN Reguler akan diprioritaskan kepada mahasiswa yang sebagian besar sudah lulus mata kuliah (tinggal kurang KKN-Skripsi-Seminar, dan lain-lain).

Terakhir dibuka sesi tanya jawab yang dipandu oleh Sekretaris UP KKN UNS, Budi Siswanto, S.Pd., M.Ars. Sesi tanya jawab ini juga sekaligus mengakhiri kegiatan sosialisasi KKN UNS periode semester Agustus 2022-Januari 2023. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content