Berita Terkini

UNS GLAD Gelar International Sharing Session bersama UPM Buddies

By 24 September 2020 No Comments

UNS – UNS Global Ambassador atau yang disingkat dengan UNS GLAD menggelar sharing session bersama Universiti Putra Malaya (UPM) Buddies pada Rabu (23/9/2020).

Kepala UPT Layanan Internasional UNS, Irwan Trinugroho, Ph.D mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan International Sharing Day #27.
Berbeda dengan sebelumnya, Sharing Day kali ini tidak melibatkan mahasiswa internasional melainkan melibatkan student buddies yang berasal dari mahasiswa lokal di UPM sebagai bentuk studi banding antar student buddies di tingkat internasional.

“UNS GLAD ini adalah sebuah task force di bawah UPT. Layanan Internasional UNS, yang merupakan pengembangan dari tim Internasional Office buddy yang telah ada sejak tahun 2015. GLAD tidak hanya fokus mendampingi mahasiswa internasional lagi, tetapi definisi mereka semakin meluas. Peran GLAD yaitu membantu mengkampanyekan global mindset khususnya bagi sesama mahasiswa,” terang Irwan.

Tentunya, lanjut Irwan, hal ini secara signifikan akan membantu universitas meningkatkan kemampuan mahasiswanya untuk berinteraksi dalam pergaulan internasional dan menghadapi persaingan global.

Sharing Session yang dilaksanakan secara virtual ini diikuti oleh 15 orang yang terdiri dari 7 perwakilan dari UPM Buddies dan 8 orang dari UNS GLAD. Sharing session membahas mengenai tugas student buddy di masing-masing universitas dan tantangan yang dihadapi dalam melaksanakan kegiatan internasionalisasi untuk mahasiswa.

Lebih lanjut, peserta melakukan brain storming untuk menemukan solusi mengenai tantangan dan masalah yang sering dihadapi oleh masing-masing pihak. Hal yang tidak kalah menarik dalam sharing session tersebut ialah cerita tentang pengalaman yang tidak dapat dilupakan ketika memberikan pelayanan kepada mahasiswa internasional.

“Diskusi ini menghasilkan banyak informasi yang bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pembelajaran bagi masing-masing pihak dalam menghadapi urusan-urusan yang berhubungan dengan mahasiswa internasional serta agenda kampanye internasionalisasi untuk mahasiswa di kemudian hari,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Leave a Reply