UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi tuan rumah pelaksanaan tes Computer Assisted Test (CAT) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) tahun 2021 untuk 8 kabupaten/ kota di Jawa Tengah. Pelaksanaan tes CAT SKD CASN dan CPPPK tahun 2021 ini digelar mulai 15 September hingga 17 Oktober 2021  bertempat di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS.

Pembukaan  tes CAT SKD CASN dan CPPPK tahun 2021 pada Rabu (15/9/2021) dihadiri oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho didampingi Wakil Rektor Umum dan SDM, Prof. Bandi, Wakil Rektor Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi, Prof. Sajidan serta jajaran pimpinan universitas, Kepala BKN Kantor Regional 1 Yogyakarta dalam hal ini diwakili oleh Kapala Sub Koordinator Sub koordinator bagian Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Surakarta, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Karanganyar, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Blora, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Grobogan, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Kudus,

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jepara, Kepala Badan Kepegawaian Daerah  Kabupaten Rembang dan Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Pati.

Dalam sambutannya dihadapan tamu undangan dan peserta tes CAT SKD CASN sesi pertama hari Rabu (15/9/2021), Wakil Rektor Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Sajidan menyampaikan tahun 2021 ini UNS menjalin kerja sama dengan 8  Kabupaten/Kota untuk menjaring ASN maupun PPPK yang kompeten dalam bidangnya yang akan berkompetisi dalam tes SKD. Tes CAT SKD di UNS diikuti 28.090 peserta CASN dan 1.135 peserta CPPPK dengan rincian sebagai berikut. Untuk Kota Surakarta 5.810 CASN dan      422 CPPPK, Kabupaten Karanganyar          2.218 CASN      108 CPPPK, Kabupaten Blora 1.844  CASN      dan 254 CPPPK, Kabupaten Grobogan 4.378  CASN,  Kabupaten Kudus     1.137 CASN dan 78 CPPPK, Kabupaten Jepara 4.232 CASN, Kabupaten Rembang 3.281 CASN, Kabupaten Pati 5.190 CASN dan 273 CPPPK.

“Jadi untuk tes CAT SKD CASN tanggal 15 September-15 Oktober yang diikuti 8 kabupaten/kota. Sedangkan Untuk peserta CPPPK akan diselenggarakan ujian mulai 16 Oktober -17 Oktober 2021 yang akan diikuti 5 kabupaten/kota yaitu Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Blora, Kabupaten Kudus, dan Kabupaten Pati,” ujarnya.

Prof. Sajidan berharap semoga pelaksanaan tes CAT SKD CASN dan CPPPK tahun 2021 berjalan dengan lancar. “Kepada Kepala BKN Kantor Regional 1 Yogyakarta dan 8 Bupati/ Walikota beserta Kepala BKD/BKPPD Kabupaten Kota, kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, semoga  ujian SKD CASN dan CPPPK tahun 2021 ini berjalan lancar tanpa kendala suatu apapun,” imbuh Prof. Sajidan.

Sementara itu, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho berharap semoga pelaksanaan tes CAT CASN dan CPPPK ini bisa berjalan lancar meski dalam suasana pandemi Covid-19. “Pelaksanaan tes ini dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat. Saya melihat semua panitia dan peserta yang hadir menerapkan Prokes dengan ketat,” ujarnya.

Sedangkan Kepala BKN Kantor Regional 1 Yogyakarta dalam hal ini diwakili oleh Kapala Sub Koordinator Sub koordinator bagian Pemanfaatan Teknologi Informasi, Stephanus Firmanto Tawanggono, S.Kom. menyampaikan apresiasi ke UNS yang telah menyiapkan tempat pelaksanaan tes CASN dan CPPPK. “Pelaksanaan seleksi CASN dan CPPPK ini transparan. Peserta bisa langsung melihat nilai setelah selesai mengerjakan tes. Sehingga bisa langsung mengetahui lolos passing grade atau tidak. Dan saya berpesan jangan percaya dengan oknum yang menjanjikan lolos PNS,” ujar Firmanto.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan Dan Pelatihan Daerah Kota Surakarta, Nur Haryani, SE, MM yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kerja sama dengan UNS terkait dengan pelaksanaan tes CAT SKD CASN ini sudah berlangsung selama dua kali. “Tahun lalu kami juga kerja sama dengan UNS untuk tempat tes dan Alhamdulillah berjalan lancar. Semoga tahun ini juga berjalan dengan lancar,” ujar Nur Haryani. Humas UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Tingkatkan Pertumbuhan Sayur dan Buah, Mahasiswa UNS Rancang Alat Penyiram Otomatis dan Humidity Controller

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak pernah kehabisan akal untuk...

Prodi Sosiologi Fisip UNS Teken Kerja Sama dengan UIN Ar-Raniry Aceh

UNS --- Pada September 2021 ini, Program Studi (Prodi) S1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim KKN UNS 148 Sosialisasikan Bahaya Covid-19 dan Vaksinasi untuk Lansia di Desa Gombang, Boyolali

UNS --- Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun. Sejumlah varian baru yang lebih...

Solutif dan inovatif, Mahasiswa UNS Ciptakan Pelapis Antivirus Berbasis Selulosa sebagai Alternatif Pencegahan Penyebaran Covid-19

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan inovasi di tengah...

Dosen UNS Gelar Pendampingan Industri Jersey Printing melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat

UNS --- Jersey merupakan pakaian yang sering dipakai untuk kegiatan permainan sepak bola. Namun,...

FEB UNS Gelar Pelatihan Alat Analisis Kuantitif – IBM SPSS

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan...

Bimbingan Karir dan ‘Planner Book’, Program Gagasan Mahasiswa UNS Guna Mengurangi Kecemasan Karir Tunarungu

UNS --- Terobosan baru kembali dilakukan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Kreatif dan Solutif, Tiga Mahasiswa UNS Sulap Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Menjadi Plester Terapi Luka Diabetes

UNS --- Selama ini, Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) hanya dianggap sebagai limbah padat hasil...

Mahasiswa UNS Ciptakan Sabun Kertas Berbahan Alami

UNS --- Berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan akibat pandemi Covid-19, lima mahasiswa...

Tingkatkan Minat Bercocok Tanam Warga, Kelompok 333 KKN UNS Kenalkan Sistem Hidroponik

UNS --- Hidroponik menjadi salah satu inovasi dalam bercocok tanam yang makin menarik perhatian...