UNS — Lima Guru Besar (Gubes) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta resmi dikukuhkan pada Sidang Terbuka Senat Akademik, Selasa (14/9/2021). Kelima Gubes tersebut berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Tenik (FT), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan dua lainnya berasal dari Fakultas Pertanian (FP). Mereka adalah Prof. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum., Prof. Dr. Budi Kristiawan, S.T., M.T., Prof. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si., M.Si., Prof Dr. Ir. Mohamad Harisudin, M.Si., dan Prof. Ir. Sutrisno Hadi Purnomo, S.Pi., M.M., Ph.D.

Acara pengukuhan Gubes digelar secara luring di Gedung Auditorium Fakultas Kedokteran (FK) UNS dengan menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, acara tersebut juga dilaksanakan secara daring melalui Zoom Cloud Meeting dan disiarkan secara langsung di kanal Youtube UNS. Pembukaan Sidang Terbuka Senat Akademik dengan acara Pengukuhan Guru Besar dipimpin oleh Prof. Dr. Adi Sulistiyono, S.H., M.H selaku Ketua Senat Akademik.

Sementara itu, Rektor UNS −Prof. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum yang turut hadir di acara Pengukuhan Guru Besar tersebut memimpin acara pengukuhan kelima Gubes UNS.

“Pada hari ini tanggal 14 September 2021, kami kukuhkan Prof. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Pendidikan Kewarganegaraan pada FKIP, Prof Dr. Ir. Mohamad Harisudin, M.Si sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Managemen Strategi Agribisnis pada FT, Prof. Ir. Sutrisno Hadi Purnomo, S.Pi., M.M., Ph.D sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Sosial Ekonomi Peternakan pada FP, Prof. Dr. Budi Kristiawan, S.T., M.T sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Teknik Mesin pada FT, dan Prof. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si., M.Si sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Kimia pada FMIPA,” tutur Prof. Jamal.

Di antara kelima Guru Besar yang dikukuhkan tersebut nama Prof. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum menarik perhatian sejumlah kalangan karena menjadi Guru Besar termuda di FKIP UNS. Prof. Triyanto resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Pendidikan Kewarganegaraan di usia 38 tahun. Dalam pidato inagurasinya, Prof. Triyanto menyampaikan tentang Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Kesadaran Hukum bagi Negara.

Capaian yang diraih oleh Prof. Triyanto dan keempat Guru Besar lainnya memperoleh apresiasi dari Ketua Dewan professor.

“Saya merasa bangga dan senang karena yang dikukuhkan pada siang hari ini relatif masih muda-muda semua,” ujar Prof. Suranto, Ketua Dewan Profesor.

Dengan dikukuhkannya kelima Guru Besar tersebut, maka jumlah Guru Besar UNS saat ini adalah 240 dan 131 di antaranya merupakan Guru Besar yang aktif. Menggenapi angka tersebut, Prof. Jamal atas nama UNS berpesan agar kelima Guru Besar tersebut senantiasa mengembangkan bidang ilmunya melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bahkan Prof. Jamal berpesan kepada kelima Guru Besar agar capaian ini tidak menjadi terminal karir, melainkan menjadi gerbang pembuka bagi kelima Guru Besar agar terus berkarya melalui riset yang terpublikasi. Humas UNS

Reporter: Alinda Hardiantoro
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Dosen dan Ormawa UNS Lolos menjadi Nominasi Abdidaya 2021

UNS --- Dosen dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta lolos...

Mahasiswa Seni Rupa Murni 2021 Gelar Pameran Virtual Fotografi

UNS --- Pandemi yang sudah berlangsung hampir dua tahun nyatanya tidak membatasi kreativitas...

HMP Pendidikan Fisika Grafitasi Gelar Pelatihan Desain Grafis

UNS --- Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Fisika Grafitasi Fakultas Keguruan dan...

Kelas Hello Startup Solo Raya Ketujuh Singgung Masalah Manajemen Keuangan

UNS --- Kemunculan startup semakin masif pada satu dekade terakhir. Banyak kalangan yang memilih...

Rancang Jembatan Tipe Arc-Truss, Tim Semar Mustaqiim UNS Sabet Juara 1 Nasional D’Village 10th Edition

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sukses raih prestasi tingkat nasional...

Wedangan IKA UNS Seri 85: Yang Muda yang Berkarya

UNS --- Kiprah alumni merupakan salah satu indikator penting dalam meningkatkan performa...

Pramuka UNS Gelar Webinar Anti Penyalahgunaan Napza

UNS --- Pramuka Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Webinar Anti Penyalahgunaan...

Tim Mahasiswa FK UNS Raih Juara 3 Poster Publik ARC 2021

UNS --- Mahasiswa Universistas Sebelas Maret (UNS) Surakarta raih juara 3 nasional Ar-Razi...

Mahasiswa UNS Juara 1 Lomba Debat Nasional Amoeba 2021

UNS --- Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Teater Oase Gelar Pentas Besar HWJN, Kala Lengkara Dihempas Ego dan Cinta

UNS --- Teater Program Studi (Prodi) Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas...