Usung Poster Edukasi Tentang HIV/AIDS, Mahasiswa FK UNS Raih Juara 1 Medical Scientific Competition 2022

Usung Poster Edukasi Tentang HIV/AIDS, Mahasiswa FK UNS Raih Juara 1 Medical Scientific Competition 2022

UNS — Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Pada akhir November lalu, tim yang beranggotakan Tyasno Koeshermanto, An’nurihza Zidhan Azhara, dan Damiana Tribhuwaneswari Mahendra Wardhani meraih juara 1 lomba poster tingkat nasional.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh FK Universitas Muhammadiyah Surakarta tersebut bertajuk Medical Scientific Competition (Medsco) 2022. Tyasno dan timnya mengusung poster berisi edukasi mengenai HIV/AIDS. 

“Poster publik kami berjudul ‘Tips MANTAP Cegah Penularan HIV/AIDS’. Melalui poster ini, kami ingin mengedukasi masyarakat mengenai penyakit HIV/AIDS, terutama terkait cara penularan yang sering salah dipahami oleh masyarakat dan cara pencegahannya melalui tips MANTAP yang sudah dijabarkan di poster,” jelasnya, Senin (12/12/2022). 

Usung Poster Edukasi Tentang HIV/AIDS, Mahasiswa FK UNS Raih Juara 1 Medical Scientific Competition 2022

Mahasiswa semester akhir tersebut menjelaskan bahwa ide tersebut berawal dari berita mengenai banyaknya kasus HIV/AIDS di Kota Bandung, Jawa Barat. Dari berita tersebut banyak beredar informasi yang simpang siur mengenai penyakit ini, termasuk stigma dan diskriminasi masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya kasus penyintas HIV/AIDS yang dikucilkan oleh tetangga, kerabat, bahkan keluarganya sendiri karena takut tertular.

“Padahal, HIV/AIDS bukanlah aib dan tidak semudah itu bisa menular melalui udara hingga sentuhan kulit. Maka dari itu, kami ingin mengedukasi masyarakat agar tidak salah dalam memahami penyakit HIV/AIDS, termasuk menghapus stigma dan diskriminasi masyarakat terhadap orang dengan HIV/AIDS,” imbuhnya.

Melalui poster tersebut, Tyasno berhasil menyisihkan puluhan tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. 

“Saat diumumkan menjadi juara, kami sangat bersyukur. Tentu, sebelumnya kami selalu optimis dan totalitas dalam melaksanakan setiap tahapan perlombaan. Kompetisi menjadi ajang pembelajaran bagi kami sehingga kami mengikuti dengan tekun tiap tahapan yang ada,” ungkapnya. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content