Berita TerkiniMahasiswa UNS

Voca Erudita, Sang Grand Champion di Lomba PS UNAIR 2016

By 20 May 2016 One Comment

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita (PSM VE) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengikuti “Lomba Paduan Suara Mahasiswa Universitas Airlangga 2016”, Rabu-Sabtu (4-7/5/2016). Ada 4 kategori yang diikuti oleh VE, antara lain: Historical Programme, Musica Contemporanea, Chamber Choir/Vocal Ensemble, dan Folklore. VE keluar sebagai juara umum lomba tersebut.

Penampilan Voca Erudita dalam kategori Folklore.

Penampilan Voca Erudita dalam kategori Folklore.

Lomba yang dinilai oleh juri-juri kenamaan yang kualitasnya sudah diakui di tingkat internasional seperti Aning Katamsi, Agustinus Bambang Jusana, dan lain-lain ini diikuti oleh 22 paduan suara tingkat SMA, Universitas, dan umum. Adalah PSM Universitas Mercubuana, PSM Universitas Diponegoro, PSM Intitut Sepuluh Nopember, PSM Universitas Gadjah Mada, Paduan Suara SMA N 15 Surabaya, Paduan Suara SMA N 3 Sidoarjo, PSM Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, Paduan Suara Octava Jakarta, dan Surabaya Singers yang menjadi beberapa peserta tercatat yang meramaikan lomba tersebut. Dalam kontingen VE, 38 orang dikirimkan dengan rincian 34 penyanyi, 2 konduktor, 1 pembina, dan 1 official.

Penampilan Voca Erudita dalam kategori Hystorical.

Penampilan Voca Erudita dalam kategori Hystorical Programme.

Dalam kategori Folklore, VE menyabet juara pertama dengan membawakan 3 buah lagu berjudul ”Kruhay”, “Hela Rotan”, dan “Tari Indang”. Selain itu, dalam kategori ini, VE dinobatkan sebagai penampil terbaik (Best Programme). Selanjutnya, titel juara pertama yang disandang VE ada pada kategori Historical Programme dengan membawakan 3 lagu yang berjudul “Die Himmel Erzehlen die Ehre Gottes”, “Ave Verum Corpus”, dan “Io mi Son Giovinetta”. Titel Best Programme lain yang disabet oleh VE adalah pada kategori Musica Contemporanea Category. Tiga lagu berjudul “Double Double Toil and Trouble”, “Sitivit Anima Mea”, dan “Nyon Nyon” yang mereka bawakan dalam kategori tersebut mengantar mereka pada peringkat kedua. Peringkat kedua lain yang mereka raih ada di kategori Chamber Choir dengan lagu “Dies Irae”, “Marie”, dan “O Magnum Mysterium”. Dengan raihan tersebut, VE dinobatkan menjadi juara umum atau disebut Grand Champion dalam Lomba Paduan Suara Universitas Airlangga 2016.

Sebelumnya, VE harus melalui audisi tahap pertama yaitu berupa seleksi curriculum vitae (CV). Selanjutnya, bagi beberapa pengirim CV yang lolos dan sesuai persyaratan yang ditetapkan oleh panitia, diundang untuk mengikuti kompetisi di Universitas Airlangga.

Salah satu perwakilan VE, Hanifah Ayu yang juga mahasiswa FKIP Bahasa Inggris UNS mengatakan bahwa persiapan yang mereka lakukan memerlukan waktu 1 bulan. “Kalau bersama konser ya jadi total 3 bulan,” tuturnya. Pihaknya memang menargetkan untuk menjadi Grand Champion dalam lomba tersebut, tapi dengan menampilkan suguhan yang terbaik  saja sebenarnya sudah cukup. Ia juga menambahkan bahwa strategi yang digunakan adalah menjaga kesehatian dan kesatuan yang solid antar anggota, latihan dengan sungguh-sungguh, serta berdoa yang lebih banyak daripada biasanya. [] (dodok.red.uns.ac.id)

One Comment

Leave a Reply