UNS — Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tengah menjalin kerja sama dengan Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) di Yogyakarta. Kerja sama tersebut berupa pelaksanaan Magang Lompatan Kreatif 2021 sebagai salah satu implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kemdikbud RI dan upaya pengembangan Green Lab yang sudah ada di FSRD UNS.

Program diselenggarakan kurang lebih satu semester dimulai dari tanggal 23 Juli 2021 lalu dan berakhir pada 30 Desember 2021 mendatang. Peserta terdiri atas 60 mahasiswa dari empat Prodi jenjang sarjana yaitu Prodi Desain Interior, Prodi Desain Komunikasi Visual, Prodi Seni Rupa Murni, dan Prodi Kriya Tekstil.

Lulu Purwaningrum, S.Sn., M.T., Ph.D. selaku Koordinator Pembelajaran bersama DUDI-Lompatan Kreatif FSRD menuturkan, ada lima kegiatan utama dalam magang besar ini.
Pertama, pembekalan dan sharing knowledge dari para akademisi dan para pelaku DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) untuk mahasiswa serta anggota HIMKI.

Kedua, mahasiswa magang langsung di perusahaan-perusahaan di bawah HIMKI Yogyakarya untuk belajar kondisi riil di lapangan. Ketiga, pembuatan produk berbasis ecodesign dan sociopreneur dengan studi kasus upcycle denim bekas dengan bimbingan HIMKI dan dosen-dosen.

“Keempat, inkubasi bisnis dari produk yang dibuat pada perusahaan-perusahaan HIMKI. Kelima, pameran-digital archive dan rintisan start-up,” kata Lulu kepada uns.ac.id, Senin (26/7/2021).

Saat ini para peserta telah mulai melaksanakan magang secara daring di beberapa perusahaan dalam keanggotaan HIMKI. Kendati demikian, mereka tetap dibimbing dan didukung oleh para dosen FSRD UNS selama pelaksanaan magang.

Lulu pun menambahkan, kerja sama ini juga merupakan bentuk saling mendukung antara FSRD UNS dengan HIMKI. Sebab, HIMKI membutuhkan tenaga dan ide-ide segar mahasiswa yang dapat membantu dalam desain. Sementara itu, FSRD membutuhkan HIMKI sebagai inkubasi bisnis dari rintisan Green Lab Desain yang sudah ada di FSRD UNS.

“Dengan magang di perusahaan HIMKI sebagai praktisi bisnis, diharapkan karya mahasiswa tidak hanya dapat menerapkan prinsip desain yang berbasis lingkungan. Akan tetapi, juga menciptakan produk yang diterima pasar sekaligus karya-karya mereka diinkubasikan di perusahaan-perusahaan HIMKI, sehingga bisa menjadi rintisan start-up bisnis mahasiwa” imbuh Lulu.

Adapun, beberapa perusahaan anggota HIMKI yang menjadi tujuan para peserta antara lain PT. Dekor Asia – Industri kerajinan Bambu dan Kayu CV Yuka (industri kerajinan batu alam untuk interior dan eksterior, Artsy Craft (Kerajinan Bunga), K-nez Serat alam PT. Wastraloka Indo Kreasi (kerajinan kaleng dan kayu lukis), CV. Kirana Mas Homes (natural fibre home decor and wooden small furnitureP, dan masih banyak lagi. Humas UNS

Reporter: Kaffa Hidayati
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Tingkatkan Pertumbuhan Sayur dan Buah, Mahasiswa UNS Rancang Alat Penyiram Otomatis dan Humidity Controller

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak pernah kehabisan akal untuk...

Prodi Sosiologi Fisip UNS Teken Kerja Sama dengan UIN Ar-Raniry Aceh

UNS --- Pada September 2021 ini, Program Studi (Prodi) S1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim KKN UNS 148 Sosialisasikan Bahaya Covid-19 dan Vaksinasi untuk Lansia di Desa Gombang, Boyolali

UNS --- Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun. Sejumlah varian baru yang lebih...

Solutif dan inovatif, Mahasiswa UNS Ciptakan Pelapis Antivirus Berbasis Selulosa sebagai Alternatif Pencegahan Penyebaran Covid-19

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan inovasi di tengah...

Dosen UNS Gelar Pendampingan Industri Jersey Printing melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat

UNS --- Jersey merupakan pakaian yang sering dipakai untuk kegiatan permainan sepak bola. Namun,...

FEB UNS Gelar Pelatihan Alat Analisis Kuantitif – IBM SPSS

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan...

Bimbingan Karir dan ‘Planner Book’, Program Gagasan Mahasiswa UNS Guna Mengurangi Kecemasan Karir Tunarungu

UNS --- Terobosan baru kembali dilakukan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Kreatif dan Solutif, Tiga Mahasiswa UNS Sulap Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Menjadi Plester Terapi Luka Diabetes

UNS --- Selama ini, Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) hanya dianggap sebagai limbah padat hasil...

Mahasiswa UNS Ciptakan Sabun Kertas Berbahan Alami

UNS --- Berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan akibat pandemi Covid-19, lima mahasiswa...

Tingkatkan Minat Bercocok Tanam Warga, Kelompok 333 KKN UNS Kenalkan Sistem Hidroponik

UNS --- Hidroponik menjadi salah satu inovasi dalam bercocok tanam yang makin menarik perhatian...