UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membuka pendaftaran Seleksi Mandiri (SM) gelombang kedua untuk program sarjana tahun 2021. Pendaftaran Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) gelombang kedua dimulai pada 30 Juni hingga 10 Juli 2021 mendatang.

Kepala UPT SPMB UNS, Prof. Dr. Hadiwiyono mengatakan, SM UNS adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh UNS di luar jalur SNMPTN dan SBMPTN. Adapun pendaftaran gelombang kedua ini dibuka untuk SMJU yaitu Jalur seleksi yang diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir. Melalui jalur ini, calon mahasiswa akan diseleksi dengan menggunakan Nilai UTBK yang dikeluarkan oleh LTMPT tahun 2021, atau Nilai Ujian Tulis (UTUL) yang diselenggarakan oleh UNS.

Untuk persyaratan mengikuti SMJU adalah mengikuti dan memiliki Nilai UTBK 2021 yang diselenggarakan LTMPT tahun 2021 atau mengikuti dan memiliki Nilai UTBK 2021 dan Ujian Tulis (UTUL) UNS tahun 2021. Lalu memiliki prestasi non akademik (jika ada), antara lain sertifikat prestasi kejuaraan bidang penalaran, minat/bakat, keagamaan, dan lainnya pada tingkat provinsi/nasional/ internasional sebagai juara 1, 2, atau 3 yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA atau
Sertifikat Hafidzul Al-Quran (minimal 15 Juz) atau hafalan Al-Kitab yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA.

SMJU-UTBK dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Saintek dan Soshum dengan ketentuan peserta dapat memilih dua Program Studi (Prodi) Sarjana.
Jika Prodi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, dipersyaratkan peserta memiliki sertifikat hasil UTBK LTMPT kelompok ujian Saintek atau kelompok ujian Campuran. Sedangkan SMJU-UTUL dipersyaratkan peserta mengikuti ujian tulis UNS kelompok ujian Saintek.
Jika Prodi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, dipersyaratkan peserta memiliki Sertifikat Hasil UTBK LTMPT kelompok ujian Soshum atau kelompok ujian Campuran. Sedangkan SMJU-UTUL dipersyaratkan peserta mengikuti ujian tulis UNS kelompok ujian Soshum.

Jika Prodi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, dipersyaratkan peserta memiliki Sertifikat Hasil UTBK LTMPT kelompok Campuran. Sedangkan SMJU-UTUL dipersyaratkan peserta mengikuti ujian tulis UNS kelompok ujian kelompok campuran.

“Pada SMJU-UTBK maupun SMJU-UTUL Prodi Kedokteran hanya dapat dipilih oleh siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA saja
Pada SMJU-UTUL Prodi Soshum dapat dipilih oleh siswa lulusan SMA/MA/SMK jurusan IPA dan IPS,” ujar Prof. Hadiwiyono, Rabu (30/6/2021).

Pada SMJU-UTUL untuk Prodi Saintek hanya dapat dipilih oleh siswa lulusan SMA/MA/SMK jurusan IPA kecuali Prodi Saintek antara lain Psikologi, Agribisnis, serta Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian dapat dipilih oleh siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA dan IPS.

Biaya pendidikan mahasiswa baru yang diterima melalui Seleksi Mandiri UNS tahun 2021 terdiri atas Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Uang Kuliah Tunggal dipungut per semester sampai selesai masa studi (nominal UKT bervariasi untuk masing-masing program studi). Sumbangan Pengembangan Institusi dipungut sekali selama studi pada awal tahun kuliah dengan pembayaran dapat diangsur dua kali (nominal SPI bervariasi untuk setiap program studi). Bagi pemegang KIP-K yang lulus seleksi mandiri dibebaskan dari UKT dan SPI.

Untuk simulasi ujian akan dilaksanakan pada 12 dan 13 Juli 2021 dan ujian secara online akan dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 Juli 2021. Hasil SMJU baik menggunakan ujian tulis maupun nilai UTBK akan diumumkan pada tanggal 19 Juli 2021. Biaya pendaftaran SMJU-UTBK LTMPT sebesar Rp 200.000 sedangkan untuk SMJU-UTUL UNS sebesar Rp 350.000. Informasi lebih lengkap tentang pendaftaran SMJU Program Sarjana UNS dapat dilihat melalui laman https://spmb.uns.ac.id. Humas UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

32
10

Gandeng CV. Bina Cipta Abadi, FIB UNS Adakan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran

UNS --- Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan...

Adakan FGD, Fakultas Teknik UNS Siapkan Pembukaan Kelas Internasional di Dua Prodi

UNS --- Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta siap membuka kelas...

Kajian Dies Natalis ke-25 FMIPA UNS, Habib Novel Alaydrus Sampaikan Ceramah Tentang Keberkahan Hidup

UNS --- Pimpinan Majelis Ilmu dan Dzikir Ar-Raudhoh Habib Novel Alaydrus memberikan ceramah...

RG Indigenous Psychology UNS Bagikan Strategi Hidup Sehat dan Bahagia di Masa Pandemi Melalui SALAM SMART

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melalui Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM)...

UNS Raih Poin Tertinggi Pencapaian IKU di Tahun 2020/2021

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih penghargaan pencapaian Indikator Kinerja...

Upaya Mengembangkan Potensi Desa, BEM FP UNS Tandatangani Kontrak Kerja Sama dengan Pemerintah Desa Ngunut

UNS --- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Buat Poster tentang Kewirausahaan, Mahasiswa UNS Sabet Dua Gelar Sekaligus di Ajang Aection 3.0

UNS --- Kabar baik datang dari mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Mahasiswa...

Bagikan Tips Obat Pegel Linu, Grup Riset Filologi Sastra Daerah UNS Kunjungi Warga Pajang Surakarta

UNS --- Minuman tradisional Jawa dengan sejuta khasiat sejatinya sudah sering ditemui sejak jaman...

Kuliah Umum UNS Bersama BPK Bahas Globalisasi dalam Sistem Perekonomian Indonesia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Kuliah Umum bertajuk Globalisasi dalam...

Ulas Bahasa dan Penerjemahan di Era Digital, Prodi S-2 Linguistik UNS Menggelar Seminar Internasional SEMIOTICS

UNS --- Program Studi (Prodi) S-2 Linguistik Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelaas Maret (UNS)...