Search
Close this search box.

Segera Hadir! UNS ULTRA Berikan Pengalaman Berlari di Dalam Kampus

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan menggelar UNS ULTRA, sebuah perlombaan lari berskala nasional dengan kategori jarak jauh dan pendek. Acara ini patut dinanti bagi para pecinta olahraga lari dan masyarakat umum. Pendaftaran UNS ULTRA segera dibuka pada Kamis (2/5/2024) melalui laman web unsrun.com.

Adi Dwi Ismanto selaku Project Director UNS ULTRA menjelaskan bahwa Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Garba Wira Bhuana UNS bersama komunitas UNS Running menjadi penyelenggara kegiatan ini. Ia menyampaikan terdapat dua kategori jarak yang dapat diikuti oleh para peserta. Kategori jarak jauh yaitu 50 Km individu dan 50 Km Relay 2. Selain kategori jarak jauh, ada pula kategori 5 Km dan kategori Kids Dash dengan jarak 1,5 Km.

Tidak hanya perlombaan lari, acara ini juga diisi dengan UNS Running Expo. Terdapat beberapa rangkaian kegiatan di dalamnya seperti racepack collection bagi para peserta, edukasi olahraga dan kesehatan, sport running exhibition, bazar produk, hingga hiburan.

Inisiasi penyelenggaraan UNS ULTRA karena olahraga lari semakin diminati oleh masyarakat. Banyak kota telah menggelar acara serupa, baik dalam skala kecil atau besar. Di lingkup perguruan tinggi, beberapa dari mereka telah memiliki ajang lari tahunan.

β€œIni merupakan hal positif bagi perkembangan olahraga lari di Indonesia. Kami pun berharap UNS Ultra bisa menjadi event yang bergengsi,” ujar Adi kepada uns.ac.id, Senin (29/4/2024)

Ia menambahkan, UNS Ultra juga merupakan implementasi dari progam Green Campus yang dijalankan UNS. Olahraga lari menjadi sebuah media menumbuhkan kesadaran kolektif dengan mendekatkan manusia dan alam di lingkungan kampus. Antusiasme yang tinggi melalui berlari di kampus dapat menciptakan kebiasaan baik bagi sivitas akademika yang berwawasan lingkungan.

β€œKami berkolaborasi dengan sebuah brand penggiat daur ulang. Nantinya kami akan mendaur ulang semua sampah plastik yang dihasilkan dari event ini untuk dijadikan produk yang bernilai kembali,” tambahnya.

Rute Sejuk dan Rindang

Adanya UNS ULTRA bertujuan mengajak seluruh peserta untuk menikmati kampus UNS yang hijau dan ramah lingkungan. Ajang ini menawarkan rute yang sejuk dan rindang untuk berlari. Adi menerangkan bahwa jarang sekali kategori lari jalan raya mendapatkan rute seperti ini.

Lokasi dan rute UNS ULTRA diselenggarakan di area dalam kampus dengan mengitari setiap fakultas di dalamnya. Rute lari juga akan dirancang supaya steril dari kendaraan bermotor. Hal ini supaya peserta tidak khawatir terkait dengan keselamatan dan keamanan di sepanjang rute.

Rute yang dibuat akan memberikan tantangan tersendiri bagi peserta. Terdapat elevasi yang cukup variatif, mulai dari tanjakan dan turunan yang β€˜pedas’. Para peserta nantinya akan diberikan batas waktu finish/cut off time selama 9 jam.

Pendaftaran Segera Dibuka

UNS ULTRA merupakan ajang yang terbuka untuk umum. Pada kategori Kids Dash, minimal usia anak adalah 5 tahun dengan maksimal usia 10 tahun. Syarat dan ketentuan lainnya di tiap kategori dapat disimak melalui laman unsrun.com.

Pendaftaran akan dibuka 2 Mei 2024 secara berkala. Terdapat penawaran khusus seperti early bird hingga tarif khusus mahasiswa dan alumni UNS. Kuota yang disediakan saat ini terbatas untuk 1.000 peserta.

Peserta pada kategori lari 50 Km dan 50 Km Relay akan mendapat BIB atau nomor dada, jersei lari, refresment, makanan, eco-bag. Adapun jersei khusus dan medali finisher untuk peserta yang menyelesaikan lomba sebelum berakhirnya waktu. Sementara untuk kategori lari 5 Km dan Kids Dash akan dapat nomor dada, refreshment, eco-bag.

β€œWater station, fruit station, dan (tenaga) medis kami sediakan di titik-titik rute. Selain ingin memberikan fasilitas yang baik bagi peserta, kami juga ingin memberikan pelayanan yang baik sehingga peserta bisa berlari dengan aman dan nyaman,” terang Adi.

Humas UNS

Scroll to Top
Skip to content