Sebanyak 47 Tim UNS Lolos Pendanaan PKM 2024

Sebanyak 47 Tim UNS Lolos Pendanaan PKM 2024

UNS – Sebanyak 47 Tim Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil lolos pada tahap Pendanaan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2024. Hasil ini diperoleh usai serangkaian seleksi internal yang dilakukan oleh UNS. Nantinya, tim-tim tersebut akan merealisasikan proposal yang telah disetujui pendanaannya dalam suatu riset.

Data sebaran skim lolos pendanaan PKM 2024 menunjukkan 30 proposal PKM Riset Eksakta sebagai angka tertinggi. Adapun skim lain yakni 5 proposal PKM Kewirausahaan, 4 proposal PKM Riset Sosial Humaniora (RSH), 3 proposal PKM Karsa Cipta (KC), 3 proposal PKM Pengabdian Masyarakat, 1 proposal PKM Karya Penerapan IPTEK (PI), serta 1 proposal PKM Video Gagasan Konstruktif (VGK).

Selain itu, data sebaran fakultas PKM 2024 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menjadi fakultas terbanyak peraih pendanaan dengan 13 proposal. Angka tersebut disusul 11 proposal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), 9 proposal dari Fakultas Teknik (FT), 5 proposal dari Fakultas Pertanian (FP), 3 proposal masing-masing dari Fakultas Psikologi (Fapsi) dan Sekolah Vokasi (SV), serta 1 proposal masing-masing dari Fakultas Hukum (FH), Fakultas Seni Rupa dan Desain, & Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data (Fatisda).

Pada tahap ini, setiap proposal dalam PKM didanai Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI). Berdasarkan Panduan Umum PKM 2024, proposal yang lolos dari standar nilai yang ditetapkan (passing grade) akan didanai oleh Belmawa sebesar 6 juta rupiah sampai 10 juta rupiah. Perguruan Tinggi wajib memberikan tambahan pendanaan pada proposal yang lolos dengan jumlah pendanaan maksimum sebesar 2 juta rupiah dalam bentuk in cash dan/atau in kind. Selain itu, mereka dapat juga memperoleh tambahan pendanaan dari instansi lain dengan jumlah pendanaan maksimum sebesar 1 juta rupiah dalam bentuk in cash dan/atau in kind.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Iwan Wisnu Anggono, S.S., M.Si., menyampaikan bahwa proposal-proposal tersebut telah melalui seleksi terlebih dahulu di tingkat Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) UNS. Universitas akan terus memberikan pendampingan hingga tahap Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2). Beliau berharap agar mahasiswa UNS mampu memberikan yang terbaik dan berdampak pada peningkatan jumlah tim yang lolos pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 37 tahun 2024 nanti.

“Harapan kami dari 47 ini justru yang lolos PIMNAS bertambah. Targetnya meraih medali emas pada kategori presentasi dan poster,” ujar Iwan Wisnu, M.Si.

UNS sempat melakukan serangkaian reviu substantif dan administratif. Sebanyak 480 proposal kemudian dinyatakan lolos PIM UNS. Data sebaran skim lolos PIM UNS menunjukkan 171 proposal PKM Riset Eksakta sebagai angka tertinggi. Adapun skim lain yakni 71 proposal PKM Riset Sosial Humaniora (RSH), 64 proposal PKM Kewirausahaan, 54 proposal PKM Karsa Cipta (KC), 40 proposal PKM Artikel Ilmiah (AI) dan Gagasan Futuristik Tertulis (GFT), 23 proposal PKM Pengabdian Masyarakat, 7 proposal PKM Karya Inovatif (KI) dan Penerapan IPTEK (PI), serta 3 proposal PKM Video Gagasan Konstruktif (VGK).

Pasca pengumuman lolosnya sejumlah tim pada tahap ini, UNS mengadakan pertemuan perdana sekaligus memberikan sosialisasi Pendanaan PKM 2024. Temu Perdana dilakukan di Aula Suhardi Gedung 3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) pada Selasa (30/4/2024). Kegiatan ini menghadirkan Dr. Ir. Dewi Handayani, S.T., M.T., yang merupakan juri dalam Pimnas.

Pada edisi sebelumnya, 17 tim PKM UNS lolos pada PIMNAS 36 tahun 2023 yang bertempat di Universitas Padjadjaran (Unpad). UNS meraih 1 medali emas dan 1 medali perunggu kategori poster. Medali emas didapatkan oleh tim dengan judul “Permainan Tradisional Benthik sebagai Modifikasi Cooperative Play dalam Mengatasi Sibiling Rivalry pada anak di Kabupaten Bojonegoro”. Capaian tersebut diraih oleh tim PKM UNS dari Fakultas Psikologi (Fapsi). Sedangkan medali perunggu didapatkan oleh tim dengan judul “Gress Synthesis Karbon Kuantum Dot (CQDs) dari Susu Kedelai Basi dengan ZnO untuk Fotodegradasi Zat Warna Tekstil Malachite Green”. Capaian tersebut diraih oleh tim PKM UNS dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Humas UNS

Skip to content