UNS Butuh Satu! UNS Butuh Kita!

Tahun 2019 telah tiba, mari kita sambut tahun ini dengan penuh semangat perubahan dan saling menebar kebermanfaatan atas diri kita. Tahun 2019 ini akan menjadi tahun yang bersejarah bagi Indonesia karena banyak peristiwa penting yang akan terjadi di tahun ini. Momentum sejarah yang penting ini akan sangat menentukan akan seperti apa Indonesia ke depannya, gebrakan apa yang akan terjadi selama bertahun-tahun mendatang.

Di suatu kampus di kota kecil di Jawa tengah memiliki cerita versinya sendiri. Ya, sebut saja Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang memiliki visi menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya Indonesia. Visi ini menjadi indikator keberhasilan Rektor UNS dalam memimpin UNS selama satu periode silam.

Dalam visi ini terkandung 3 aspek sasaran yang ingin disoroti oleh kampus, sebuah tujuan yang berupa harapan besar selama satu periode dan sebuah dasar bergerak yang tidak boleh dilupakan dalam mencapai tujuan. Pertanyaannya, seberapa besar dampak yang sudah kita rasakan atau seberapa optimalkah rektor kita memenuhi mimpi-mimpi besar yang diucapkannya beberapa tahun silam.

UNS butuh menyelaraskan tujuan, bersatu, dan bersama mengembangkan pendidikan Indonesia.

Pergantian Rektor UNS pada tahun 2019 ini akan menjadi momentum yang sangat baik untuk menitipkan mimpi-mimpi besar mahasiswa agar dapat terwujud. Jika ada 40.000 mahasiswa di UNS, setidaknya ada 20.000 potensi dan bakat mahasiswa yang perlu dikembangkan, 10.000 jiwa yang siap berkreasi menciptakan karya-karya hebatnya, 5.000 insan yang dengan suka rela berkontribusi bagi bangsa ini dengan karya terbaiknya.

Namun kenyataannya tak sedikit mahasiswa yang terbatas dan terhalang dalam mengembangkan potensinya. Tidak sedikit mahasiswa yang mimpinya sirna akibat terkendala biaya. Pada akhirnya hanya tersisa mimpi-mimpi yang terkubur semakin dalam dan sulit untuk bangkit lagi.

Jika saja tujuan yang diinginkan oleh seluruh entitas stakeholder yang ada di UNS ini selaras, maka bentuk dukungan antar entitas pun akan semakin konkret. Tujuan besar yang dibawa oleh rektor melalui visi misinyapun akan menjadi visi misa kita bersama untuk terlibat langsung dalam pengembangan UNS.

UNS butuh menyelaraskan tujuan, bersatu, dan bersama mengembangkan pendidikan Indonesia.

Baru-baru ini juga, secara resmi telah dirilis nama-nama kandidat Bakal Calon Rektor UNS periode 2019-2024 (Radar Solo, 28/12). Pemilihan Rektor baru UNS akan menjadi perbincangan yang hangat bagi sekumpulan stakeholder pendidikan di UNS, termasuk mahasiswa yang menjadi sasaran utama dari ‘bisnis’ pendidikan tinggi.

Bagi mahasiswa pada umumnya, bentuk pemilihan rektor melalui pendaftaran terbuka menjadi suatu hal yang menarik, karena akan membuat citra perguruan tinggi menjadi lebih terbuka dengan asumsi bahwa siapapun berhak dan berkesempatan untuk mengelola pendidikan di Indonesia. Seperti yang dikutip oleh M. Natsir (Menristekdikti) soal Pemilihan Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di hadapan wartawan tahun 2016 lalu (kelembagaan.ristekdikti.go.id).

UNS butuh menyelaraskan tujuan, bersatu, dan bersama mengembangkan pendidikan Indonesia.

Di era digitalisasi saat ini, terlihat jelas bahwa akan banyak perubahan yang siap menggelorakan kondisi lingkungan dan sosial “Zaman Now”. Begitupun dengan apa yang akan di hadapi oleh UNS, yang terkenal dengan kearifan dan budaya lokalnya di kota Surakarta, The Spirit of Java.

Di era modernisasi saat ini, bukan lagi soal berlomba-lomba untuk jadi yang terbaik, tapi soal bagaimana dapat berkolaborasi, saling mendukung dan juga berselelaras untuk mencapai tujuan bersama yaitu mengembangkan pendidikan Indonesia. Perlu keterbukaan dan keterlibatan dari seluruh entitas di lingkungan sekitar untuk mencapai tujuan bersama.

UNS butuh menyelaraskan tujuan, bersatu, dan bersama mengembangkan pendidikan Indonesia.

Pemilihan Rektor UNS ini akan menjadi kunci utama dalam keberjalanan UNS 5 tahun ke depan. Tujuannya jelas, pemilihan rektor ini akan menjamin terpilihnya rektor yang mampu menyatukan seluruh entitias UNS untuk bersama mengembangkan pendidikan Indonesia. Rektor yang hebat akan membawa UNS menjadi lebih hebat pula. Tujuan besar ini tidak terbatas hanya bagi rektor kita saja, tapi bagi kita juga yang ingin lebih menghebatkan UNS kita.

UNS butuh menyelaraskan tujuan untuk mencapai hebat Bersama.

UNS butuh kerterbukaan, keterlibatan, dan bersatu dari seluruh entitas stakeholdernya.

UNS butuh kebersamaan untuk menghebatkan dan mengembangkan pendidikan Indonesia.

By | 2019-01-25T19:50:43+00:00 25 January 2019|Categories: Opini|