Mahasiswa K3 UNS Raih Juara 1 Video Safety Induction STAYCATION 2022

Mahasiswa K3 UNS Raih Juara 1 Video Safety Induction STAYCATION 2022

UNS — Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali sukses menorehkan prestasi. Kali ini, capaian membanggakan datang dari mahasiswa Program Studi (Prodi) Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Sekolah Vokasi (SV) UNS. Tim mahasiswa ini berhasil membawa pulang dua juara dalam Safety and Healthy Care Competition (STAYCATION) 2022. Mereka keluar sebagai Juara 1 kategori Safety Induction serta Juara Netizen’s Choice Kategori Safety Induction.

Tim ini terdiri dari empat mahasiswa. Mereka adalah Arya Wisnu Raharjo, Dea Novita Ifanka Putri Fachilla, Aninda Nuzullatifah, serta Amelia Fajrin. Mereka maju pada kategori lomba video safety induction dengan mengambil tema safety induction pada fasilitas umum. Alasannya, mereka mencermati jarangnya safety induction yang terdapat di fasilitas-fasilitas umum.

“Kalau dari segi konsep sendiri, kami memilih sub tema fasilitas umum karena kami melihat masih jarang terdapatnya safety induction atau induksi keselamatan di fasilitas-fasilitas umum,” terang Dea ketika dihubungi uns.ac.id, Selasa (31/5/2022).

Terminal Tirtonadi Surakarta menjadi fasilitas umum pilihan mereka. Dea menilai bahwa Terminal Tirtonadi merupakan lokasi yang tepat. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa komponen masyarakat yang memang harus memahami aspek penerapan K3 yang ada di terminal. Maka dari itu, edukasi mengenai safety induction dinilai penting untuk dilakukan di sana.

Secara umum, video safety Induction yang mereka buat betujuan menyampaikan prosedur induksi keselamatan dan kesehatan yang tepat di area terminal. Prosedur tersebut dibuat agar mudah dipahami dan dipatuhi para pekerja hingga masyarakat yang sedang beraktivitas. Dea menjelaskan, salah satu yang perlu diketahui masyarakat dan pekerja di sana adalah keberadaan potensi bahaya.

“Contohnya apabila terjadi keadaan darurat seperti kebakaran dan gempa bumi yang bisa saja terjadi di Terminal Tirtonadi. Nah, kami juga mengedukasi kepada masyarakat atau pekerja di lingkungan Terminal Tirtonadi terkait bagaimana cara mengevakuasi apabila terjadi keadaan darurat tersebut,” ujarnya.

Dalam video tersebut, mereka juga menyampaikan mengenai beberapa fasilitas yang disediakan untuk masyarakat di lingkungan Terminal Tirtonadi baik bagi penumpang bus, pekerja, dan lain-lain. Sehingga, video safety induction ini juga memiliki fungsi sebagai media untuk memperkenalkan Terminal Tirtonadi Surakarta kepada masyarakat luas.

Tim mahasiswa UNS bersyukur atas kesuksesan pada kompetisi ini. Mereka mengaku tidak menyangka atas hasil yang diraih. Rasa terima kasih mereka sampaikan kepada pihak-pihak yang mendukung keberhasilan ini, salah satunya pihak Terminal Tirtonadi.

STAYCATON 2022, kompetisi yang mereka ikuti, diadakan oleh Himpunan Mahasiswa K3 Politeknik Ketenagakerjaan dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional. Terdapat dua kategori lomba, yakni video safety induction dan infografis. Acara ini diselenggarakan sebagai ajang meningkatkan kreativitas pelajar, mahasiswa, dan umum serta mengedukasi masyarakat luas mengenai penerapan K3 dalam kehidupan sehari-hari. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content