Pencak Silat UNS Bawa Pulang Medali dari Piala Presiden UPN Veteran 2020

UNS – Usai Kontingen Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) INKAI Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membawa pulang 4 medali emas, 2 medali perak, dan 4 medali perunggu dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Dekan Cup VI Unsoed 2020, kini giliran Kontingen Pencak Silat UNS yang unjuk prestasi.

Prestasi yang berhasil diraih oleh Kontingen Pencak Silat UNS tersebut didapat dalam Kejuaraan Piala Presiden Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran X yang digelar di UPN Veteran Yogyakarta pada tanggal 10-16 Februari 2020.

Dalam kejuaraan Pencak Silat yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi, seperti Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan Universitas Negeri Semarang (Unnes) tersebut, kontingen Pencak Silat UNS berhasil membawa pulang 9 medali.

“Alhamdulillah, Tim Pencak Silat UNS berhasil meraih prestasi di Kejurnas UPN Veteran Yogyakarta. Medali yang berhasil diraih 1 medali emas, 1 medali perak, 7 medali perunggu,” ujar pesilat UNS peraih medali perak, Kana Tania Wijaya saat dihubungi uns.ac.id, Jumat (14/2/2020).

Satu medali emas yang berhasil disabet oleh Kontingen Pencak Silat UNS diraih oleh Mahib Satria yang turun di kelas J putra. Sedangkan untuk perolehan medali perunggu berhasil disabet UNS di berbagai sektor, baik dari tunggal maupun beregu.

Pada sektor tunggal, pesilat UNS peraih medali perunggu adalah Alfiah Mukarromah pada kelas A putri, Bagus Saiful Amin pada kelas F putra, Wisnu Bayu Murti pada kelas E putra, Novita Rifki Mahanani pada kelas B putri, dan Zidni Rahma Maly pada tunggal putri. Sedangkan perolehan medali perunggu, pada sektor beregu putra diraih oleh Ardan Syaifudin, Bayu Triono, M. Abdul Rozzak dan sektor beregu putri oleh Avona Rara, Lintang Rikke dan Mutiara.

Saat ditanya mengenai persiapan Kontingen Pencak Silat UNS, Kana Tania mengatakan, bahwa pesilat UNS sudah diseleksi sejak bulan November 2019 lalu dan dilanjutkan dengan persiapan atlet sejak Desember 2019.

“Ada seleksi untuk tim dulu pada bulan November akhir. Setelah tim kebentuk ada persiapan umum dari bulan Desember sampai Januari awal. Terus persiapan umumnya dari tanggal 11 Januari sampai H-1 pertandingan,” tambahnya.

Dengan prestasi yang berhasil diraih tersebut, Kana Tania berharap agar Kejuaraan Piala Presiden UPN Veteran X dapat menjadi acuan untuk persiapan pesilat UNS di kejuaraan-kejuaraan lain.

“Ya semoga event ini dapat menjadi acuan sekaligus batu loncatan untuk mencapai target selanjutnya,” katanya.Humas UNS/Yefta

Skip to content